Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pegadaian di Jepara Ketiban Berkah Jelang Lebaran

Suasana aktivitas di Pegadaian Jepara (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)
Suasana aktivitas di Pegadaian Jepara (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

MuriaNewsCom, Jepara – Pegadaian di Kabupaten Jepara ketiban berkah selama bulan Ramadan ini. Sebab, tren masyarakat Jepara untuk menggadaikan barang meningkat, apalagi jelang lebaran. Peningkatan tersebut ditaksir mencapai 10 persen lebih dibanding hari biasa.

 “Tren menggadaikan barang meningkat selama Ramadan. Selama sebulan, Pegadaian Jepara sudah mengeluarkan piutang sebesar Rp 22 miliyar. Peningkatan sekitar 10 persen,” ujar Kepala Pegadaian Jepara Kota, Agus Purwadi.

Menurutnya, pada bulan biasa, piutang sekitar Rp 19,5 miliar dalam sebulan. Selama sebulan ini meningkat menjadi Rp 22 miliar lebih. Jumlah puitang tersebut terhitung mulai menjelang Ramadan hingga menjelang lebaran.

 “Peningkatan terus meningkat hingga mendekati lebaran. Setiap hari selama Ramadan ini rata-rata ada sekitar 140 transaksi dengan nasabah. Sementara, di hari-hari biasa hanya sekitar 120 transaski setiap hari,” terangnya.

 Lebih lanjut ia mengemukakan, peningakatan hanya terjadi di pegadaian barang. Mayoritas barang yang digadaikan emas. Selain emas, ada sepeda motor, mobil, dan televisi. Sementara untuk pelunasan puitang cenderung stagnan. Itu terjadi lantaran pada Ramadan kali ini berbarengan dengan musim pendaftaran siswa baru sekolah. Sehingga, para nasabah kebanyakan hanya memperpanjang gadaiannya.

 ”Sekarang pelunasan tidak bergejolak. Berbeda dengan tahun lalu yang kenaikannya mencapai 80 persen. Kami menduga karena uang nasabah digunakan untuk kebutuhan lebaran kebutuhan untuk pendafatran sekolah ajaran tahun ajaran baru,” katanya.

Sementara itu, salah satu nasabah, Roziatun mengatakan, ia menggadaikan barangnya berupa emas untuk keperluan memenuhi kebutuhan lebaran. Apalagi, harga emas saat ini tengah tinggi, sehingga ia berkesempatan mendapatkan uang hasil gadainya lebih banyak. “Untuk keperluan lebaran saja, karena ini lebaran sudah semakin dekat,” katanya.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...