Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jelang Lebaran, Kiriman Uang TKI ke Jepara Meningkat Hingga 60 Persen

Pelayanan di Kantor Pos Cabang Jepara (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)
Pelayanan di Kantor Pos Cabang Jepara (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

MuriaNewsCom, Jepara – Semakin mendekati Hari Raya Idul Fitri tahun ini, kiriman uang dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI), jumlahnya meningkat drastis. Hal itu seperti yang terjadi di PT POS Cabang Jepara. Banyak kiriman dari TKI dengan tujuan ke dalam negeri, termasuk di Kabupaten Jepara.

“Jika dibanding bulan-bulan biasa, kiriman uang dari TKI pada bulan Ramadan naik hingga 60 persen. Khusus untuk di Jepara, permintaan pencairan uang kiriman dari TKI banyak di Kantor Cabang Bangsri dan Keling. Mengingat, dua kecamatan tersebut banyak memasok TKI ke luar negeri,” ujar Kepala Kantor PT POS Cabang Jepara Triyono kepada MuriaNewsCom, Sabtu (2/7/2016).

Menurutnya, bukti meningkatnya jumlah kiriman uang dari TKI juga dapat dilihat dari pengalaman tahun lalu, yang jumlah kiriman uang TKI lebih dari Rp 500 juta. Rata-rata, satu TKI dari Kabupaten Jepara di luar negeri mengirimkan uang sekitar Rp 5 jutaan.

 “Saat Ramadan seperti sekarang ini, sekali pencairan uang dari Kantor POS Jepara ke kantor cabang untuk membayar kiriman uang sedikitnya Rp 50 juta. Rata-rata, satu orang TKI mengirimkan uang Rp 5 juta. Sekarang ini merupakan puncaknya, karena sudah mepet lebaran,” ungkapnya.

 Sementara itu, salah seorang warga Kecamatan Mayong yang memiliki keluarga yang bekerja di luar negeri, Faizin, mengatakan, kiriman uang dari anggota keluarga yang bekerja di luar negeri tidak hanya saat Ramadan. Hanya saja, saat Ramadan jumlah kiriman uang bertambah jika dibandingkan dengan kiriman pada hari-hari biasa. “Biasanya seperti itu, kalau mau lebaran memang mendapat kiriman uang dari sana,” katanya.

Editor : Kholistiono

 

Comments
Loading...