Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tender Proyek Alun-alun Purwodadi Akhirnya Diumumkan, Ini Pemenang Lelangnya

lelang

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Setelah sempat tertunda beberapa hari, tahapan akhir proses lelang proyek revitalisasi kawasan alun-alun Purwodadi, berupa pengumuman pemenang tender akhirnya dilakukan Jumat (1/7/2016).

Sebagai pemenangnya adalah PT Aditya Mulya Pratama. Rekanan yang berasal dari Wonosobo ini berhasil menyisihkan delapan rekanan lainnya yang juga memasukkan berkas penawaran.

Kabag Pengendalian Pembangunan Pemkab Grobogan Siswanto menyatakan, setelah diumumkan pemenangnya tahapan selanjutnya adalah masa sanggah. Durasi waktu untuk melakukan sanggah lelang selama lima hari sejak diumumkan pemenangnya.

Namun, karena ada libur hari raya maka masa sanggah akan diberikan toleransi sampai beberapa hari pasca lebaran.

“Semula pengumuman pemenang lelang akan dilangsungkan 22 Juni kemarin. Namun, hal itu tidak bisa dilakukan karena ada beberapa proses yang masih dilakukan. Setelah semuanya selesai, hari ini kita umumkan pemenangnya,” jelasnya.

Menurutnya, mundurnya pengumuman pemenang itu disebabkan tim yang menangani lelang butuh waktu untuk melakukan klarifikasi pada rekanan yang mengajukan penawaran proyek revitalisasi alun-alun tersebut.

Jumlah rekanan yang perlu diklarifikasi ada sembilan dan kesemuanya beralamat di luar kota. Beberapa diantaranya ada yang di luar Provinsi Jawa Tengah.

“Proses klarifikasi ini kita harus datang ke lokasi atau alamat rekanan. Jadi, butuh waktu cukup lama terutama untuk rekanan yang jauh. Proses klarifikasi ini harus dilakukan dengan cermat agar tahu persis kondisi rekanan tersebut. Kalau rekanan yang menawar cuma satu atau dua saja, maka proses klarifikasinya bisa lebih cepat. Tetapi, ini ada sembilan sehingga waktu klarifikasinya agak lama,” jelasnya.

Siswanto menambahkan, dalam proses lelang proyek senilai Rp 10,6 miliar tersebut secara keseluruhan ada 80 rekanan yang mendaftar. Tetapi hingga batas akhir pengajuan penawaran, hanya ada sembilan rekanan saja yang memasukkan berkas penawaran lelang.

Masih dikatakan Siswanto, sebelum lelang proyek fisik, terlebih dulu ada satu kegiatan yang dilelangkan pada Sabtu (21/5/2016) lalu. Yakni, jasa konsultasi pengawasan revitalisasi alun-alun tersebut.

“Jadi pelaksanaan proyek revitalisasi alun-alun nanti ada konsultan pengawasnya. Keberadaan konsultan ini diperlukan karena item pekerjaan revitalisasi alun-alun itu cukup banyak. Antara lain ada pembuatan taman, talud, penataan lapangan, penanaman rumput, pembuatan silter dan tenda PKL,” katanya.

Editor : Akrom Hazami

 

 

Comments
Loading...