Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jumlah Pemudik Sedikit, Penyeberangan ke Karimunjawa Lebih Difokuskan untuk Sambut Wisatawan

Para penumpang saat turun di Dermaga Kartini Jepara (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)
Para penumpang saat turun di Dermaga Kartini Jepara (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

MuriaNewsCom, Jepara – Jelang lebaran ini, aktivitas penyeberangan ke Kepulauan Karimunjawa cenderung sepi. Sebab, warga yang melakukan aktivitas mudik cukup sedikit, lantaran penduduk wilayah terluar Kabupaten Jepara tersebut sedikit. Untuk itu, pemerintah dalam hal ini Syahbandar Jepara akan fokus menghadapi libur lebaran.

“Mengaca tahun-tahun sebelumnya, keramaian terjadi justru saat libur lebaran. Terutama pada H+4 sampai H+7 lebaran. Banyak wisatawan luar kota yang datang ke Karimunjawa melalui jalur laut dari Dermaga Kartini Jepara,” ujar Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Syahbandar Jepara Suripto kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, hal itu juga telah ia sampaikan dalam forum rapat koordinasi dengan kementerian terkait. Ia menegaskan, bahwa jalur Jepara-Karimunjawa bukan ramai pemudik, tetapi ramai wisatawan pascalebaran. Sehingga, tidak ada program khusus menyambut musim mudik saat ini.

“Seperti kemarin saja, Kapal Siginjai berangkat hanya mengangktu 250 orang, dan kapal cepat Ekspress hanya mengangkut sekitar 139 penumpang dari kapasitas 400 penumpang. Itu artinya, pemudik jauh lebih sedikit dibanding saat libur panjang yang banyak wisatawan datang,” terang Suripto.

Lebih lanjut ia mengemukakan, mengaca tahun lalu, libur lebaran juga tidak begitu banyak dan masih kalah dari libur penjang akhir pekan. Meski begitu, antisipasi membeludaknya penumpang juga dilakukan agar pelayanan terbaik tetap mampu diberikan kepada masyarakat.

“Kami sendiri tetap membuka pelayanan. Libur hanya dua hari yakni hari H dan H+1. Semua aktivitas kapal juga begitu. Tetapi diluar itu kami tetap bekerja memberikan pelayanan,” terangnya.

Ia menambahkan, meski tidak ada program khusus di musim mudik lebaran ini. Pihaknya memastikan untuk pelayanan mudik bagi masyarakat Karimunjawa tetap harus dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Editor : Kholistiono

Comments
Loading...