Jumat, 29 Maret 2024

Asyik! 250 Pelaku UMKM di Grobogan Terima Sertifikat Hak Atas Tanah

Dani Agus
Senin, 14 Januari 2019 22:47:34
Bupati Grobogan Sri Sumarni menyerahkan secara simbolis sertifikat Hak Atas Tanah pada 250 pelaku UMKM di Balai Desa Kaliwenang, Kecamatan Tanggungharjo, Senin (14/1/2019). (MuriaNewsCom/Dani Agus)
Murianews, Grobogan - Sebanyak 250 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menerima penyerahan sertifikat hak atas tanah. Penyerahan sertifikat dilakukan secara simbolis oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni di Balai Desa Kaliwenang, Kecamatan Tanggungharjo, Senin (14/1/2019).

Menurut Sri Sumarni, penerima sertifikat ini merupakan peserta program fasilitasi Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) bagi pelaku UMKM dengan dana APBN Tahun 2018.  Oleh Dinas Koperasi UKM Grobogan bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) telah menetapkan lokasi program fasilitasi SHAT bagi 250 pelaku UMKM di Desa Kaliwenang.

Sri menegaskan, dengan memiliki sertifikat maka ada banyak keuntungan yang didapat para pelaku UMKM. Terutama, dalam mendapatkan modal usaha. Namun, sebelumnya mencari pinjaman, pelaku UMKM diminta berpikir matang terlebih dulu.

Sejauh ini, lanjut Sri, salah satu kendala yang dialami pelaku UMKM adalah soal permodalan. Salah satu sebabnya, para pelaku UMKM tidak memiliki agunan yang dibutuhkan sebagai syarat mendapatkan pinjaman modal usaha dari pihak perbankan. Terutama untuk pinjaman dengan nilai yang cukup besar.

“Dengan sertifikat yang dimiliki ini nantinya bisa dijadikan agunan saat butuh pinjaman modal. Tolong dihitung dengan baik kalau mau dipakai untuk dapat pinjaman. Kalau kiranya nggak kuat mencicil setiap bulan, lebih baik jangan disekolahkan (diagunkan),” kata Sri yang disambut tawa para penerima sertifikat.

Sri menambahkan, perkembangan UMKM di Grobogan sejauh ini dinilai cukup bagus. Indikasinya, sampai sekarang sudah ada 32.055 UMKM yang tersebar di 19 kecamatan. Terdiri dari 30.565 Usaha Mikro, 1.344 Usaha Kecil dan 156 Usaha Menengah.

“Dalam kesempatan ini kami juga minta dari pihak perbankan untuk ikut mendukung UMKM agar lebih berkembang. Salah satunya dengan ikut melakukan pembinaan dan pemberian pinjaman modal dengan bunga ringan,” imbuhnya. 

Editor : Supriyadi

Baca Juga

Komentar