MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Garam Impor di Pati Ancam Petani Lokal 

0 903

MuriaNewsCom, Pati – Munculnya garam impor di Pati yang dilakukan oleh CV Anugrah Sinar Laut, dirasa mengancam keberadaan petani garam lokal. Apalagi jumlah impor yang dilakukan terlampau banyak, yakni mencapai 35 ribu ton.

Santoso (35) salah seorang produsen garam di wilayah Trangkil mengakui hal tersebut. Dirinya mengkhawatirkan, apabila CV Anugrah Sinar Laut terus melakukan impor, tentunya akan menghancurkan harga garam lokal.

Menurutnya, perusahaan impor garam milik warga Madura itu, sebelumnya memang menyerap garam lokal Pati. Namun, perlahan serapan garam dari produsen lokal berkurang dan tinggal beberapa ton saja.

“Penyerapan hanya dilakukan oleh beberapa produsen saja. Karena harga yang ditawarkan memang rendah. Sehingga, terkadang petani lebih memilih menjual garam secara mandiri,” ungkapnya.

Ia menilai, semenjak adanya garam impor tersebut, pendapatan petani garam lokal merosot tajam. Apalagi, garam impor dari Australia itu juga mempunyai harga yang murah. Namun dampaknya sangat riskan bagi petani lokal.

“Sebelum adanya impor garam, petani masih bisa mendapatkan untung meskipun sedikit. Tetapi sejak adanya garam impor, kami juga was-was,” imbuhnya.

Dirinya berharap, pihak pemerintah bisa memperhatikan perusahan importir garam tersebut. Bahkan dirinya juga meminta pemerintah kabupaten dapat bersikap tegas untuk menutup izin importir.

“Kalau tidak dilakukan penegasan, kasihan kami yang petani lokal. Apalagi perusahaan itu juga bukan milik warga Pati,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.