MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ratusan Warga Demak Diobati Gratis dan Dihibur Dangdut Bareng Artis

0 131

MuriaNewsCom, Demak – Ratusan warga Desa Jatimulyo, Kecamatan Bonang, Demak, mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari komunitas Sahabat Lestari, Minggu (13/1/2019). Selain mendapat pengobatan gratis, warga desa ini juga dihibur dengan orkes dangdut serta kehadiran aktor ibu kota Raeshard Oktaviansha.

Ada sekitar 146 warga yang mengikuti program layanan kesehatan gratis tersebut. Meski demikian, warga yang hadir dan berjubel jumlahnya jauh lebih banyak.

Pasalnya, mereka menikmati hiburan dangdut serta ingin bertemu aktor ganteng tersebut. Kesempatan ini juga digunakan oleh komunitas yang dibina Korwil Nasdem Jateng-DIY, Lestari Moerdijat itu, untuk memberikan penyuluhan tentang kesehatan.

Tema yang diangkat dalam penyuluhan kesehatan kali ini mengenai penyakit tuberculosis (TBC). Penyakit ini banyak diderita masyarakat. Bahkan data WHO menyebut, pada tahun 2015 Indonesia masuk dalam 6 besar negara dengan kasus TBC terbanyak.

Dalam penyuluhan itu, warga diberi pengertian tentang bagaimana mencegah penyakit paru-paru tersebut. Serta bagaimana sikap penderita TBC agar tak menularkan penyakitnya ke warga lain.

Tim medis Sahabat Lestari menyebut, basil penyebab TBC menyebar di udara melalui semburan titik-titik air liur dari batuk pengidap TB aktif. Sehingga penderita penyakit ini harus menjaga saat berludah ataupun batuk, agar tak menularkan ke pihak lain.

“Sahabat lestari merupakan komunitas yang dibina oleh Lestari Moerdijat. Beliau sangat concern mengenai kesehatan. Dan berharap layanan kesehatan ini dapat bermanfaat untuk warga,” kata Raeshard.

Raeshard merupakan Duta Sahabat Lestari yang sering turun ke lapangan untuk membantu melakukan sosialisasi dan kegiatan sosial yang dilakukan komunitas ini.

Malam sebelum mengikuti acara pengobatan gratis ini, Raeshard juga mengikuti tahlilan atas meninggalnya ibu salah satu relawan Sahabat Lestari, di Desa Bremi, Kecamatan Mijen, Demak.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.