MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Asyik, Puluhan Siswa RA Matholibul Ulum Kudus Berwisata Edukasi di Penangkaran Rusa

0 305

MuriaNewsCom, Kudus – Penangkaran Rusa Timor (Cervus Timorensis) di Desa Margorejo Kecamatan Dawe menjadi objek wisata edukasi. Bahkan tak sedikit anak-anak usia RA hingga SD mengisi akhir pekan berwisata edukasi penangkaran tersebut.

Hal itu seperti dilakukan RA Matholibul Ulum 2 Desa Kedungsari Kecamatan Gebog. Puluhan siswa melakukan wisata edukasi ke penangkaran rusa.

Terlihat anak-anak itu satu persatu bergiliran memberikan makan rusa. Pada saat memberikan makan rusa, para siswa ini dijelaskan tentang hewan langka ini. Selain itu, mereka juga diajak berkeliling wisata alam lainnya.

Guru pembimbing RA Matholibul Ulum 2 Desa Kedungsari Kecamatan Gebog, Wahidatul Khasanah mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin berwisata edukasi. Para siswanya sengaja diajak untuk berwisata edukasi tersebut.

“Ini ada sebanyak 70 siswa. Mereka terdiri dari kelas B dua kelas, dan kelas A dua kelas,” jelasnya.

Ia mengatakan, selain wisata edukasi tentang penangkaran rusa. Muridnya diajak untuk berwisata alam lainnya. Mulai dari menanam tanaman, hingga berwisata buah.

“Anak-anak diberikan pengetahuan¬† ataupun mengenal hewan rusa. Selain itu juga untuk mencintai hewan rusa. Kan hewan rusa terbilang hewan langka,” ucapnya.

Pembimbing Wisata Edukasi Penangkaran Rusa Daud Samsu Dewa mengatakan, penangkaran rusa menawarkan wisata edukasi. Di objek wisata ini ada sebanyak 135 rusa.

“Pada tahun 2008 ada beberapa 43 ekor dari Desa Gondosari Kecamatan Gebog kemudian dipindahkan ke Desa Margorejo Kecamatan Dawe. Kemudian saat ini sudah mulai bekembang ada sebanyak 135 ekor rusa,” papar dia.

Ia mengatakan, di pengangkaran rusa ini para pengunjung bisa belajar tentang rusa. Pengunjung yang pada umumnya ada anak-anak usia TK itu diberikan pengetahuan tentang hewan yang dilindungi itu.

“Wisata edukasi ini menyasar pada anak-anak TK, PAUD, RA. Mereka disini bisa mengetahui tentang hewan rusa, kemudian ngasih makan rusa, lalu ada wisata nangkap ikan dan tanam,” ungkap Dosen Pertanian Undip.

Sementara itu, Muhammad Yusrul Hana Sekretaris Pokdarwis Gema (Gerakan Endahing Margorejo Asri) mengatakan untuk berwisata di sini para pengunjung tak perlu mengeluarkan biaya mahal. Para pengunjung hanya ditarif uang masuk sebesar Rp 15 ribu.

“Paketannya, edukasi wisata. Sasarannya PAUD, sampai SD. Itu biasanya kita promosi ke sekolahan. Rp 15 ribu perorang untuk paket wisata,” jelasnya.

Editor : Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.