MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

DLH Grobogan Bakal Bikin 2 Taman Lagi di Kawasan Kota Purwodadi, Ini Lokasinya

0 335

MuriaNewsCom, GroboganJumlah taman di kawasan kota Purwodadi akan bertambah lagi tahun ini. Hal ini terkait dengan adanya rencana pembuatan dua taman lagi yang disiapkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Grobogan pada tahun anggaran 2019.

Kepala DLH Grobogan Nugroho Agus Prastowo menyatakan, lokasi pembuatan taman pertama ada di kawasan segitiga pada pertigaan jalan Sudirman dan Jalan S Parman. Lahan segitiga itu statusnya milik PT KAI tetapi untuk pengelolaannya sudah diserahkan PT KAI pada Pemkab Grobogan.

Lokasi pembuatan taman kedua ada di kawasan tugu Adipura di pertigaan jalan A Yani dan jalan Gajah Mada. Pada penataan taman itu nantinya juga dibuatkan ruang publik untuk aktivitas masyarakat.

Pembuatan kedua taman baru itu, masing-masing dialokasikan dana sekitar Rp 4,5 miliar dari dana APBD 2019. Saat ini, pihaknya masih menyiapkan penyempurnaan desain taman sebelum dilelangkan.

“Desain taman sudah dibuat oleh konsultan. Beberapa waktu lalu kita mintakan masukan dari masyarakat untuk penyempurnaan desain. Dalam waktu dekat, akan kita lelangkan,” kata Agus, Jumat (11/1/2019).

Selain itu, pada tahun ini juga direncanakan pembuatan taman revolusi mental di depan kantor DLH. Pembuatan taman ini sebenarnya sudah disiapkan tahun 2018 lalu tetapi gagal lelang. Sehingga pada tahun ini pekerjaannya dilelangkan ulang.

Agus menambahkan, selain membuat baru, upaya lain juga dilakukan dalam rangka memperluas ruang terbuka hijau (RTH) di kawasan kota Purwodadi. Antara lain dengan membenahi taman kota yang sebelumnya sudah tersedia namun penanganannya belum maksimal.

Penataan taman kota itu dilakukan mengacu pada Permendagri No 1 tahun 2007 tentang penataan ruang terbuka hijau kawasan perkotaan. Sesuai aturan tersebut, sekitar 30 persen dari luasan kota harus dipakai untuk ruang terbuka hijau.

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.