MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Laporan Keuangan SKPD Tahun 2018 di Grobogan Ditarget Kelar Bulan Februari

0 138

MuriaNewsCom, GroboganSeiring sudah berakhirnya tahun anggaran 2018, semua kepala SKPD diminta untuk segera mempersiapkan penyusunan laporan keuangan mulai sekarang. Hal itu disampaikan Sekda Grobogan Moh Sumarsono saat membuka rakor Penyusunan Laporan Keuangan SKPD dan Laporan Keuangan Pemerintahan Daerah (LKPD) tahun 2018 di gedung Riptaloka, Jumat (11/1/2019).

“Target penyusunan laporan keuangan tahun 2018 di tiap SKPD ditarget harus selesai pada bulan Februari 2019. Setelah itu, dari laporan SKPD akan dibuatkan rangkuman guna membuat laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun 2018. Saya minta, pembuatan laporan keuangan tahun 2018 jangan sampai melebihi tenggat waktu,” tegas Sumarsono yang harus berbicara cukup keras karena mikrophone di gedung Riptaloka mengalami gangguan teknis.

Menurutnya, berdasarkan aturan, penyusunan laporan keuangan itu harus disampaikan paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir. Hakekat dari laporan itu adalah sebagai progress report atas penyelenggaraan pemerintah daerah selama satu tahun anggaran yang sudah dilalui.

Disamping itu, laporan keuangan juga menjadi sarana untuk mengimplementasikan azas transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah serta berfungsi sebagai sarana pengawasan bagi DPRD terhadap jalannya penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Ditambahkan, laporan yang dibuat nanti akan dievaluasi dan dipakai sebagai dasar bagi pemerintah untuk menetapkan peringkat dan status kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah secara nasional untuk provinsi, kabupaten dan kota. Peringkat kinerja nantinya akan ditetapkan dengan pengelompokan kinerja penyelenggaraan daerah dalam beberapa prestasi.

Terkait pentingnya masalah itu, Sumarsono meminta semua SKPD segera melakukan persiapan dalam kaitan penyusunan laporan keuangan tersebut. “Mulai sekarang, SKPD hendaknya mempersiapkan data-data yang diperlukan dalam penyusunan laporan nanti. Perlu dicermati, antara data keuangan dan aset nantinya harus bisa tepat,” katanya.

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.