MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pembangunan RSUD Baru di Wirosari Grobogan Dialokasikan Dana Rp 15 Miliar

1 1.055

MuriaNewsCom, Grobogan – Pembangunan rumah sakit umum daerah (RSUD) baru yang ditempatkan di Kecamatan Wirosari akan dilanjutkan lagi pada tahun 2019. Untuk tahun ini, sudah dialokasikan anggaran sekitar Rp 15 miliar dari dana APBD.

Kepala Dinas Kesehatan Grobogan Slamet Widodo menyatakan, dari dana sebesar itu, sekitar Rp 12 miliar diperuntukkan untuk pembangunan gedung tahap II. Sedangkan sekitar Rp 3 miliar dialokasikan untuk pengadaan sarana dan prasarana medis.

Pembangunan fasilitas kesehatan baru yang diberi nama RSUD Ki Ageng Getas Pendowo ini sudah dilakukan sejak tahun 2018. Pada pembangunan tahap I dialokasikan dana APBD sebesar Rp 23,76 miliar.

“Pembangunan RSUD di Wirosari memang dilakukan bertahap karena butuh dana yang besar. Ditargetkan, RSUD baru nantinya bisa beroperasi tahun 2020,” katanya, Rabu (9/1/2019).

Rumah sakit baru ini lokasinya ada di Kelurahan Kunden, Kecamatan Wirosari. Tepatnya di sebelah timur SMAN 1 Wirosari. Total lahan yang diperuntukkan untuk RSUD sekitar 4 hektar. Lahan yang dipakai dulunya merupakan aset Kelurahan Kunden yang diperuntukkan untuk pembangunan RSUD Wirosari.

Slamet menjelaskan, status rumah sakit di Wirosari itu nantinya masuk tipe D. Rencana awal, rumah sakit akan dilengkapi dengan 100 bangsal rawat inap. Pembangunannya sudah disesuaikan dengan standar pelayanan rumah sakit. Yakni, memiliki ruang unit gawat darurat hingga laboratorium.

Ia menambahkan, pembangunan RSUD baru diperlukan mengingat luasnya wilayah Grobogan. Sementara, RSUD yang dimiliki hanya ada satu dan kondisi ini dirasa belum bisa memenuhi pelayanan masyarakat.

“Selain di Wirosari ada rencana bikin satu rumah sakit lagi di wilayah Barat. Yakni, di Kecamatan Gubug. Rencananya, untuk yang di Gubug akan dilakukan dengan peningkatan status Puskesmas Gubug menjadi rumah sakit,” imbuhnya.

Editor : Supriyadi

  1. M. Aqhni berkata

    Untuk rekrutmennya kapan nggih?? Suwun . .

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.