MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ombudsman Jateng Sidak Dispendukcapil Pati

0 527

MuriaNewsCom, Pati – Ombudsman perwakilan Jawa Tengah (Jateng) melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pati, Rabu (9/1/2019). Itu dilakukan lantaran dinas tersebut merupakan sentra pelayanan kependudukan.

Kepala Perwakilan Ombudsman Jateng Acim Dartasim mengatakan, ada beberapa pelayanan yang kurang memuaskan bagi masyarakat. Apalagi, dalam hal pengurusan kependudukan hanya dibatasi hingga 150 antrean. Padahal, jumlah masyarakat yang mengurusi data kependudukan bisa lebih dari itu.

“Layanan ini sangat penting. Kalau hanya 150 antrean perhari, itu masih kurang. Belum lagi data antreannya masih manual dengan menyodorkan kartas,” ungkapnya.

Selain itu, rentan waktu pelayanannya juga tergolong lama. Bahkan ada warga yang mendapatkan nomor antrean 7 tetapi hingga pukul 11.30 WIB, orang tersebut belum selesai. Padahal, dirinya sudah datang sejak pukul 06.00 WIB.

“Ini kan kasihan mereka. Jadi kami harap pelayanannya lebih ditingkatkan lagi. Jumlah antrean sebisa mungkin juga dibuat elektronik agar tidak terlalu ribet dan banyak petugas yang di luar,” imbuhnya.

Dirinya juga mengomentari terkait ruang tunggu yang terlampau panas lantran tidak ber AC. Hal itu juga menjadikan masyarakat jenuh. Bahkan sebagian dari mereka lebih memilih menunggu di luar ruangan.

“Jadi kami harap semua itu diperbaiki. Karena layanan utama kependudukan memnag di dispendukcapil,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil Pati Rubiyono mengaku akan memperbaiki sarana dan infraatruktur yang ada. Untum antrean, dirinya juga akan mengusulkan agar dirubah menjadi elektronik.

“Kami berterimakasih kepada Ombudsman yang telah melakukan kunjungan ke Dispendukcapil, sehingga berbagai temuan yang ada, bisa menjadi koreksi kami,” tutupnya.

Editor : Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.