MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Belum Juga Ketemu, Pencarian Pendaki yang Hilang di Gunung Lawu Dihentikan

0 697

MuriaNewsCom, Semarang – Pencarian terhadap pendaki asal Magelang, Alvi Kurniawan (20) yang hilang setelah adu balap menuju puncak Gunung Lawu dihentikan. Proses pencarian telah dilakukan selama tujuh hari, dan sampai hari terakhir pencarian tadi malam, belum membuahkan hasil.

Proses pencarian dilakukan tim SAR gabungan dari berbagai unsur. Juru bicara Basarnas Jawa Tengah Zulhawary Agustianto mengatakan, proses pencarian melibatkan 250 personel.

“Tim gabungan menyatakan pencarian ditutup pukul 20.15 WIB (Selasa (8/1/2019 malam) dan dilanjutkan dengan pemantauan,” katanya.

Ia menyatakan, tim SAR gabungan telah melakukan penyisiran ke semua titik di Gunung Lawu. Termasuk mencari ke lokasi-lokasi yang diduga dilalui korban. Termasuk jalur non pendakian yang kemungkinan dilewati korban.

Humas Basarnas Surakarta, Yohan Tri Anggoro juga membenarkan proses pencarian telah dihentikan. Menurut dia, semua langkah telah dilakukan untuk mencari korban. Namun tak berhasil menemukan tanda-tanda keberadaan korban.

Tim sama sekali tidak menemukan titik terang dan tanda-tanda keberadaan survivor. Operasi pencarian kami nyatakan ditutup dan dilanjutkan dengan pemantauan,” ujarnya.

Tim SAR menyebut telah melakukan penyisiran   secara tuntas di sepanjang jalur pendakian. Tak hanya di jalur Candi Cetho yang dilewati korban, namun juga jalur lain, seperti Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang.

Proses pencarian juga dilakukan hingga ke jurang-jurang yang berada di dekat jalur yang dilewati korban.

Baca : Adu Cepat Naik Gunung Lawu Lawan Perempuan, Pendaki Ini Hilang

Dalam proses pencarian tersebut, tim SAR juga sempat melacak lokasi HP milik korban. Cara ini dilakukan karena ada kemungkinan korban sempat membuka ponsel saat berada di atas gunung. Namun setelah dilacak, tim masih belum menemukan korban.

Meski pencarian telah ditutup, penutupan Gunung Lawu untuk pendakian yang dilakukan sejak 2 Januari 2019 hingga Rabu (9/1/2019) belum dibuka. Rencananya jalur pendakian baru akan dibuka pada Jumat (11/1/2019).

Diberitakan sebelumnya, Alvi hilang setelah adu balap menuju puncak dengan seorang pendaki perempuan asal Wonosobo.

Alvi bersama lima temannya memulai pendakian pada Senin (31/12/2018) melalui jalur Candi Cetho. Malam harinya mereka memutuskan mendirikan tenda, sebelum sampai di pos 5.

Pagi harinya, dua orang dari rombongan melanjutkan pendakian terlebih dahulu. Kemudian disusul tiga orang yang di dalamnya Alvi.

”Dari keterangan teman korban, sekitar pukul 10.00 WIB, korban bertemu dengan pendaki wanita dari Magelang. Lalu diajak balapan naik ke puncak,” kata Yohan.

Di tengah pendakian yakni di kawasan Pasar Dieng, Gunung Lawu, pendaki perempuan kelahan dan memutuskan beristirahat. Sekitar pukul 12.15 WIB, mereka berpisah dan korban melanjutkan pendakian.

“Pendaki perempuan sudah kelelahan sedangkan korban terus melanjutkan pendakian ke puncak. Saat berada di Pasar Dieng ini, korban sudah terpisah dengan rombongannya,” ucap Yohan.

Dan sejak saat itu keberadaan Alvi tidak diketahui. Hingga kini tim SAR gabungan masih dikerahkan untuk melakukan pencarian. Kemarin, tim di posko juga sudah mengirimkan logsitik untuk bekal pencarian.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.