MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Cegah Abrasi, Pesisir Pantai Margoyoso Pati Ditanami Mangrove

0 559

MuriaNewsCom, Pati – Sebagai upaya untuk mencegah terjadinya abrasi di pesisir pantai Desa Pangkalan, Kecamatan Margoyoso, Karangtaruna setempat berinisiatif untuk menanam 3.000 bibit mangrove. Apalagi, di wilayah tersebut juga mempunyai potensi wisata.

Ketua panitia pelaksana penanaman mangrove Irham mengatakan, penanaman bibit mangrove selain untuk mencegah abrasi, nantinya juga akan dipotensikan sebagai obyek wisata. Terlebih, jangkauan lahannya cukup luas, yakni dari pantai Pangkalan hingga menuju hutan mangrove di Desa Langgenharjo.

“Sekalian kita menghidupkan wisata pantai pangkalan, pohijo dan Langgenharjo sebagai tujuan utama. Tapi yang menjadi kendala adalah tanggul pinggir pantai Pangkalan banyak yang terkena abrasi sehingga membangkitkan niat kami untuk mencoba mengatasinya dengan penanaman mangrove di sepanjang pantai,”  ujarnya, Selasa (8/1/2019)

Sebelum penanaman tersebut, pihaknya sudah melakukan survei potensi wisata di kluster V yang meliputi desa Pohijo, Pangkalan, Kertomulyo dan Langgenharjo. Sehingga ditemukan potensi wisata potensi di embung dan hutang mangrove di Langgenharjo. Akan tetapi terkait akses masih banyak hambatan sehingga memungkinkan untuk membuka akses di Pangkalan.

Lebih lanjut Irkham mengatakan jika pihak karang taruna akan menjangkau seluruh pantai Margoyoso sepanjang 8 kilometer untuk di tanami mangrove.

“Alhamdulillah dari pihak  desa memberikan izin dan karang taruna dari desa-desa yang terjangkau tersebut juga siap untuk membantu,” lanjutnya.

Sementara itu berbagai komunitas yang turut serta dalam penanaman mangrove meliputi Karang taruna kecamatan, karang taruna kabupaten, komunitas KRI, pencak silat, Patifosi, KAAP, paguyuban Duta wisata Pati, Grab, Kodim 0718/Pati dan beberapa komunitas lainnya.

Editor : Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.