MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Terlibat Korupsi Bank Pasar, PNS di Sukoharjo Hanya Jadi Tahanan Kota

0 301

MuriaNewsCom, Sukoharjo – Seorang PNS di Kabupaten Sukoharjo, berinisial EH kini tengah diproses hukum oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukoharjo. PNS ini diduga terlibat dalam dugaan penggelapan dana nasabah di Bank Pasar Suoharjo tahun 2006-2008.

Dalam kasus yang merugikan negara sebesar Rp 487 juta, mantan pegawai Bank Pasar Sukoharjo, Yetty Rossilawati telah divonis tiga tahun penjara oleh Pengadilan Tipikor Semarang.

Yetty ini merupakan atasa EH, yang saat itu bertugas sebagai kasir. EH diduga ikut terlibat memuluskan aksi penggelapan dana nasabah yang dilakukan Yetty Rossilawati. Namun, EH tidak ditahan di penjara. Ia menjalani penahanan kota, dan wajib lapor.

Kajari Sukoharjo, Tatang Agus Volleyantono kepada wartawan mengatakan, pihaknya tetap mengusut siapapun yang terlibat. “Apa pun keterlibatannya harus tetap dipertanggungjawabkan,” katanya.

Kasus ini saat ini masih dalam proses pendalaman. Sementara terkait vonis yang dijatuhkan kepada Yetty hukumannya menjadi bertambah.

Pasalnya, Yetty tidak sanggup mengembalikan dana yang dikorupsi. Begitu juga aset yang dimiliki tidak cukup untuk menutup kerugian negara yang muncul akibat korupsi tersebut.

Dalam vonis yang dijatuhkan hakim Pengadilan Tipikor beberapa waktu lalu, Yetty dijatuhu hukuman tiga tahun penjara dan denda Rp 50 juta penjara. Apabila tidak dibayarkan harus diganti dengan hukuman penjara selama satu bulan.

Majelis hakim juga membebankan pada terpidana untuk membayar uang pengganti kepada negara atas perbuatan yang sudah dilakukan senilai Rp 107.520.072.

Apabila tidak dibayarkan paling lama sebulan setelah ada putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap, harta Yetty dapat disita oleh jaksa untuk dilelang.

Apabila harta hasil lelang milik terdakwa belum mencukupi untuk melunasi kewajibannya membayar uang pengganti pada negara, Yetty harus mengganti dengan kurungan penjara selama enam bulan.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.