MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jalannya Jadi Mulus, Warga Randurejo Undang Bupati Grobogan saat Syukuran

0 552

MuriaNewsCom, Grobogan – Warga Desa Randurejo, Kecamatan Pulokulon membikin acara unik, Kamis (3/1/2019). Yakni, menggelar acara bancakan atau syukuran di tengah jalan desa yang baru selesai diperbaiki akhir tahun 2018 lalu.

Acara ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur atas perbaikan ruas jalan kabupaten yang ada di Dusun Paker sepanjang 2 kilometer. Adanya perbaikan jalan ini membuat aktivitas warga menjadi terbantu.

Syukuran yang dilakukan warga Randurejo ini dihadiri Bupati Grobogan Sri Sumarni dan sejumlah pejabat. Antara lain, Kepala DPUPR Een Endarto, Kepala Dinas Pendidikan Amin Hidayat, Asisten III Padmo, Kabag Umum Supriyanto, dan Kabag Humas Teguh Harjokusumo serta Muspika Pulokulon.

Sebelum acara syukuran, Sri Sumarni sempat didaulat untuk melakukan pengguntingan pita sebagai tanda peresmian jalan yang diperbaiki dengan konstruksi cor beton tersebut. Perbaikan ruas jalan ini dialokasikan dana sekitar Rp 6,5 miliar.

Desa Randurejo ini wilayahnya berada paling ujung selatan Kecamatan Pulokulon. Di sebelah selatan desa ini sudah berbatasan dengan wilayah Kecamatan Tangen, Kabupaten Sragen.

“Sebelum diperbaiki, kondisi jalan rusak parah. Sekarang sudah bagus sehingga jadi lebih cepat kalau mau ke Kecamatan Pulokulon atau ke desa tetangga,” ungkap Kades Randurejo Daniel Martiknyo.

Acara bancakan diawali dengan doa bersama yang dipimpin ulama setempat. Setelah itu dilanjutkan dengan potong tumpeng dan makan bersama.

“Acara ini murni inisiatif dari warga. Warga merasa senang karena jalannya diperbaiki dan kemudian punya inisiatif bikin bancakan atau syukuran,” imbuh Daniel.

Menurutnya, ruas jalan yang diperbaiki statusnya milik kabupaten. Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan ungkapan terima kasih pada Pemkab Grobogan karena sudah menyalurkan anggaran perbaikan ruas jalan di desanya.

Sementara itu, Bupati Grobogan Sri Sumarni menyatakan, salah satu target utama dalam masa kepemimpinannya adalah memperbaiki infrastruktur jalan. Menurutnya, jalan dengan status milik kabupaten panjang keseluruhan ada 890 km. Dari angka ini, jalan yang kondisinya baik baru 70 persen atau sekitar 600 km.

Pada tahun 2017, sudah dialokasikan anggaran hampir Rp 400 miliar untuk perbaikan jalan. Kemudian tahun 2018 alokasinya sebesar Rp 251 miliar.

“Perbaikan jalan rusak kita lakukan bertahap dengan menyesuaikan anggaran yang tersedia. Soalnya, butuh dana yang luar biasa besar untuk perbaikan jalan ini. Saya targetkan, pada akhir masa jabatan saya di tahun 2021 nanti, ruas jalan yang rusak tinggal 10 persen saja,” katanya.

Editor : Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.