MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Anjing Pelacak Sisir Kereta dari Ancaman Teror di Stasiun Purwokerto

0 227

MuriaNewsCom, Banyumas – Selama libur Natal dan Tahun Baru, Stasiun Purwokerto mendapat pengamanan ketat. Tak hanya personel dari kepolisian dan TNI, anjing pelacak K-9 juga dikerahkan untuk menyisir benda terlarang, termasuk ancaman bom dan teror.

Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun melalui Kasat Sabhara AKP Supriyanto, Senin (31/12/2018) mengatakan, pengerahan anjing pelacak telah dilakukan sejak Kamis (20/12/2018) lalu.

“Sebanyak dua anjing pelacak dari Unit satwa atau K-9 dikerahkan, termasuk personel pengasuh anjing ini,” katanya.

Ia mengatakan, fokus pemeriksaan oleh anjing pelacak ini adalah barang-barang terlarang yang kemungkinan masuk ke dalam stasiun. Pemeriksaan juga dilakukan terhadap setiap kereta api yang berhenti di stasiun ini.

“PT KAI (Persero) juga telah berkoordinasi dengan pihak TNI/Polri setempat untuk pengerahan personel apabila sewaktu-waktu dibutuhkan,” ujarnya.

Untuk pengamanan di Daop V Purwokerto, disiagakan 427 personel yang terdiri atas 130 personel Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska), 221 personel security dan bantuan eksternal dari TNI/Polri sebanyak 76 personel termasuk Unit K-9 (satwa) yang terdiri atas dua ekor anjing pelacak.

Personel keamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas kereta api, stasiun dan patroli di jalur rel, serta objek-objek penting lainnya pada masa angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 yang dimulai sejak tanggal 21 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019.

“Masyarakat pengguna KA diimbau untuk tidak membawa barang-barang terlarang, karena apabila diketemukan akan langsung dilaporkan kepada pihak yang berwenang,” katanya.

Menurut dia, pos pengamanan dan pelayanan tahun ini sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Kegitan ini tidak hanya di lakukan oleh Polri sendiri, akan tetapi juga melibatkan instansi lainya dari pemerintah setempat, termasuk Dinas Perhubungan.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.