MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Libur Panjang, Kunjungan di Museum Kartini Jepara Meningkat 30 Persen

0 253

MuriaNewsCom, Jepara – Museum RA Kartini Jepara yang terletak di sebelah utara Alun-alun Kabupaten Jepara, ramai dikunjungi wisatawan di musim libur Natal dan tahun baru saat ini. Selain menghabiskan masa liburan dengan menambah pengetahun di bidang sejarah dan arkeologi, kunjungan wisatawan ini juga menunjukkan peningkatan kepedulian akan peninggalan sejarah RA Kartini beserta keluarganya.

Pengelola Museum RA Kartini Jepara, Subiyanto menyatakan jika pada hari biasa kunjungan ke museum sekitar 150 hingga 300 orang per hari. Pada musim liburan seperti ini, bisa meningkat hingga 30 persen pengunjung silih berganti menikmati koleksi museum. Tak jarang, mereka yang berkunjung merupakan rombongan dari beberapa daerah dengan menggunakan bus.

“Ada peningkatan tapi tidak signifikan, kira-kira 20 sampai 30 persen,” ujarnya.

Tahun ini, Pihaknya mengaku lebih gencarnya melakukan promosi melalui sistem daring, dengan melibatkan para pengunjung. Alhasil, tahun 2018 Museum RA Kartini Jepara berhasil mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp 12,1 juta. Target tersebut naik Rp 2,5 juta, dibandingkan tahun 2017 yang sebesar Rp 9,6 juta.

“Setiap tahun kan dinaikkan targetnya, sementara bisa menutup,” aku Subiyanto.

Pengunjung asal Kota Bekasi, Fathurohman mengungkapkan sengaja datang bersama rombongannya untuk mengetahui sejarah RA Kartini, pada saat liburan ini. Ia mengaku senang berkunjung ke Museum RA Kartini Jepara, karena ia mendapat berbagai informasi mengenai sejarah Sang Pejuang Emansipasi Wanita dari Jepara. “Kita ingin mengajak masyarakat untuk mengetahui tempat bersejarah di wilayah kita ini,” ucapnya.

Dalam Museum RA Kartini Jepara ini terdapat lebih dari 500 item koleksi, mulai benda peninggalan RA Kartini, sampai benda-benda kuno bersejarah hasil temuan di wilayah Kabupaten Jepara. Meski sedang musim liburan, tiket masuk museum tidak mengalami kenaikan tarif. Pihak pengelola masih mengenakan tarif normal hari biasa, yakni antara Rp 2 ribu hingga Rp 4 ribu.

Editor : Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.