MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Gempa 2,6 SR Getarkan Dataran Tinggi Dieng

0 720

MuriaNewsCom, Banjarnegara – Dataran tinggi Dieng bergetar Selasa (25/12/2018) malam. Penyebabnya adalah gempa bumi tektonik berkekuatan 2,6 skala richter (SR).

Lokasi gempa berada di koordinat  episenter pada 7.35 LS dan 109.92 BT. Lokasi gempa ini tak jauh dari koordinat gempa yang terjadi pada 10 Desember 2018 lalu.

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnagera, Setyoajie Prayoedhie kepada wartawan menyebut, gempa berkekuatan 2,6 SR itu tercatat terjadi pada pukul 18.27 WIB.

”Lokasi gempa berada di darat,  pada jarak 2.5 km arah Timur Laut Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah,” katanya.

Ia menyebut, guncangan gempa ini juga dirasakan oleh sebagian warga di Dieng dan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Dia menambahkan lokasi gempa tersebut berdekatan dengan event gempa yang terjadi pada tanggal 10 Desember 2018 yang berada pada jarak 7 kilometer barat daya Kabupaten Wonosobo.

“Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang belum terindentifikasi  (blind fault),” ujarnya.

Baca : Wonosobo Kembali Diguncang Gempa

Hingga semalam, BMKG belum mencatat ada gempa susulan. BMKG, kata dia, akan terus melakukan pemuktahiran data dan menyampaikannya kepada masyarakat.

Dia juga menyampaikan hingga saat ini pihaknya belum menerima adanya laporan kerusakan akibat gempa.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.