MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ganjar Bakal Jemput Umat Lintas Agama Untuk Ngonthel Kebangsaan

0 420

MuriaNewsCom, Semarang – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan menggelar kegiatan Ngonthel Kebangsaan pada Minggu (23/12/2018) besok. Kegiatan bertajuk Satu Sepeda Berjuta Saudara itu akan dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ngontel Kebangsaan merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menjalin kerukunan dan persatuan antarumat beragama di Jawa Tengah. Nantinya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan keliling ke sejumlah tempat ibadah lintas agama di Kota Semarang dengan bersepeda dan menjemput umat beragama untuk diajak mendeklarasikan persatuan dan kesatuan.

“Jadi Pak Gubernur akan ngonthel untuk menjemput teman-teman kita dari berbagai suku, agama, ras, golongan yang ada di Semarang. Menggunakan sepeda onthel dan pakaian adat, Gubernur akan keliling dan mengajak seluruh umat lintas agama menuju halaman kantor Gubernur Jateng, Jl Pahlawan Kota Semarang,” kata Pandu Hardiawan, ketua panitia Ngonthel Kebangsaan saat dikonfirmasi, Sabtu (22/12/2018).

Start dari Kantor Gubernuran, Ganjar lanjut Pandu akan ke Masjid Agung Jawa Tengah untuk menjemput umat muslim yang ada di sana. Setelah itu, bersama-sama rombongan akan menuju ke Gereja Blenduk untuk menjemput umat Katolik, Sam Poo Kong untuk menjemput umat Konghuchu dan Budha dan Gereja Katedral Santa Perawan Maria Ratu Rosario Suci untuk menjemput umat Nasrani.

“Setelah dijemput, semua umat lintas agama diajak ke kantor Gubernuran dan melakukan deklarasi kebangsaan,” tambahnya.

Semua perjalanan Ngonthel Kebangsaan tersebut memiliki banyak nilai dan filosofisnya. Menurut Pandu, Ngonthel Kebangsaan ini simbol bahwa pemerintah tidak hanya menghimbau umat beragama untuk menjaga kerukunan, namun turun langsung menjemput dan mempersatukan mereka.
Sementara digunakannya sepeda onthel, karena alat transportasi ini merupakan lambang rakyat kecil.

“Selain itu, kenapa yang pertama dijemput adalah umat muslim di MAJT dan kemudian diajak menjemput umat beragama lain, ini simbol bahwa kalangan mayoritas yang harus melayani minoritas,” terangnya.

Rencananya akan ada 7000 lebih peserta dalam kegiatan Ngonthel Kebangsaan ini. Selain menggunakan sepeda onthel tua, para peserta juga akan menggunakan aneka pakaian tradisional. Acara juga akan dimeriahkan dengan berbagai hiburan termasuk digelarnya pasar klitikan yang menjual aneka barang kuno.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengajak seluruh masyarakat untuk ikut serta meramaikan kegiatan tersebut. Dalam akun instagramnya, Ganjar mengajak semua masyarakat penghobi sepeda untuk bergabung.

“Untuk yang hobi ngontel, saya akan tunggu anda ngontel bersama saya dalam acara Ngontel Kebangsaan. Mari kita jemput saudara-saudara kita yang berbeda suku, agama, ras dan golongan. Semua akan bersatu dalam ngontel bersama ini,” kata dia.

Ganjar menerangkan jika Ngontel Kebangsaan tidak hanya untuk komunitas sepeda tua, namun semua jenis sepeda boleh ikut dalam acara itu.

“Kita akan bersama-sama berkumpul. Start dari halaman kantor Gubernuran, pada Minggu (23/12) pukul 06.00 WIB dan menjemput saudara-saudara kita. Satu sepeda sejuta saudara, ngontel sehat untuk bangsa Indonesia,” tutupnya.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.