MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Barang Bukti Kejahatan Dimusnahkan, Motor Penjahat Dipotong-potong

0 304

MuriaNewsCom, Brebes – Kejaksaan Negeri (Kejari) Brebes memusnahkan barang bukti hasil kejahatan. Barang bukti yang dimusnahkan terdiri narkoba dan sepeda motor.

Ada puluhan barang bukti yang dimusnahkan. Semuanya merupkan barang bukti dari perkara tindak pidaha umum yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap (inkrah).

Di antaranya, mulai dari berbagai jenis narkotika seperti ganja, sabu-sabu beserta alat pakai, pakaian, dan sepeda motor.

Barang bukti berupa ganja, sabu dan alat pakainya dimusnahkan dengan cara dibakar. Khusus untuk barang bukti dua sepeda motor dimusnakan dengan cara dipotong-potong menggunakan mesin pemotong besi.

Dari barang bukti yang paling banyak yakni, kasus penyalahgunaan narkotika sebanyak 22 kasus. Kejari Brebes memusnahkan sedikitnya 265 gram sabu dengan nilai ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Tak hanya itu, ribuan butir obat-obatan terlarang berbagai jenis juga dimusnahkan. Kepala Kejari Brebes Trasnsiswara Adhi mengatakan, pemusnahan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Kejari Brebes setahun sekali.

“Pemusnahan ini sudah sesuai dengan keputusan pengadilan. Sebab tugas jaksa penuntut umum melaksanakan pemusnahan barang bukti yang sudah berkekuatan hukum tetap,” ungkapnya.

Dalam putusan pengadilan itu, kata Kajari, barang bukti dirampas untuk dimusnahkan. Pasalnya, tugas jaksa yakni melaksanakan putusan pengadilan tersebut.

Selain itu, pemusnahan juga bertujuan untuk mengurangi penumpukan barang bukti. “Total barang bukti yang kita musnahkan ini merupakan hasil dari ungkap 27 perkara,” jelasnya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.