MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Diresmikan, Tol Salatiga-Kartasura Masih Gratis Hingga Tahun Baru

0 796

MuriaNewsCom, Solo – Tol Semarang-Solo ruas Salatiga-Kartasura Kamis (20/12/2018) hari ini diresmikan Presiden Joko Widodo bersama ruas tol Trans Jawa lainnya. Setelah diresmikan ruas tol ini akan dioperasikan secara fungsional.

Terutama untuk menyambut pemudik Natal dan Tahun Baru 2019. Karena bersifat fungsional, pengguna jalan tol ini tak akan dikenai biaya alias gratis.

Penggratisan ini akan berlaku hingga tahun baru atau keputusan dari pemerintah mengenai besaran tarif sudah ke luar. Rencananya, mulai besok ruas tol ini sudah bisa digunakan untuk kendaraan golongan I atau mobil pribadi.

Direktur Jasamarga Solo-Ngawi, David Wijayanto kepada wartawan mengatakan, penentuan tarif masih menunggu Keputusan Menteri PUPR (Kepmen PUPR). Ia menyatakan, pihaknya belum bisa memastikan apakah tarif yang akan diterapkan nantinya sebesar Rp 1 ribu/kilometer atau tidak.

“Mulai besok pukul 6 pagi segmen Salatiga-Kartasura dibuka gratis untuk umum hingga tahun baru,” katanya, Kamis (20/12/2018).

Untuk momen libur Natal dan Tahun Baru pihaknya memastikan ruas tol tersebut sudah 100 persen. Bahkan menurut dia, sertifikat laik operasi dan laik uji sudah keluar.

Mulai besok tol sudah beroperasi meski sifatnya masih fungsional. Dari empat rest area, nantinya juga hanya dua titik yang difungsikan.

“Dua rest area yang difungsikan merupakan tipe B. Sudah dilengkapi toilet, musala dan pengisian BBM,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan tol, khususnya pengemudi jarak jauh, agar lebih berhati-hati mengingat di ruas tol Salatiga-Kartasura. Karena ruas ini merupakan titik lelah pengemudi.

“Untuk batas kecepatan, dari Semarang hingga Karanganyar diimbau batas maksimal 80 km/jam dan untuk Ngawi hingga Wilangan batas maksimal bisa mencapai 100 km/jam,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.