MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Puluhan Ribu E-KTP Invalid Dibakar, Ganjar : Biar Isunya Tak Digiring

0 226

MuriaNewsCom, Magelang – Pemerintah di sejumlah daerah melakukan pemusnahan puluhan ribuan E-KTP yang sudah invalid dengan cara dibakar. Kebijakan ini mendapat dukungan dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Bahkan menurut Ganjar, Presiden Joko Widodo juga ikut mendukung kebijakan ini. Menurut Ganjar, kebijakan membakar E-KTP invalid ini telah dibahas saat ia bersama Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo bertemu Jokowi di Istana Negara.

Ganjar menyebut, keputusan untuk membakar E-KTP invalid adalah keputusan bagus. Hal ini untuk menghindari penggiringan isu yang tak bertanggungjawab.

“Lebih bagus itu. Di beberapa kabupaten kota sudah jalan dan menyampaikan kepada saya,” katanya, usai menghadiri peringatan Hari Ibu ke 90 di Kota Magelang, Selasa (18/12/2018).

Ganjar menyatakan, menyatakan sebaiknya E-KTP invalid mesti dibakar daripada dijadikan gorengan isu tidak baik yang meresahkan masyarakat. Terlebih kartu identitas tersebut memang sudah tidak bisa dimanfaatkan.

“Yang tidak terpakai lebih baik dimusnahkan. Setuju itu, daripada jadi isu yang tidak baik,” ujarnya.

Pemusnahan KTP elektronik invalid ini sesuai dengan surat edaran Kementerian Dalam Negeri Nomor 470.13/11176/SJ tanggal 13 Desember 2018 tentang pemusnahan KTP elektronik yang rusak atau invalid.

Baca juga : 

Beberapa daerah di Jawa Tengah yang telah melakukan pembakaran E-KTP invalid adalah kabupaten Grobogan. Pada Senin (17/12) lalu di Halaman Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Grobogan, sebanyak 28 ribu KTP elektronik yang rusak atau invalid dimusnahkan dengan cara dibakar.

Jumlah KTP yang dimusnahkan sebanyak 28.057 keping yang merupakan KTP invalid se Kabupaten Grobogan.

Pemkab Pati juga telah melakukan pemusnahan E-KTP invalid pada Sabtu (15/12/2018). Ada 16.564 keping E-KTP yang dimusnakan dengan cara dibakar di halaman Kantor Dispendukcapil setempat.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.