MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

90 Ribu Mobil Diperkirakan Melintas Tol Trans Jawa Saat Puncak Libur Akhir Tahun

0 260

MuriaNewsCom, Brebes – Pihak kepolisian memprediksi 90 ribu kendaraan bakal melintas di Tol Trans Jawa saat puncak musim mudik dan balik libur akhir tahun atau Natal dan Tahun Baru 2019.

Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada tanggal 21 dan 22 Desember 2018. Sementara puncak arus balik menurut Kepala Korps Polisi Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri akan terjadi dua kali.

”Kalau puncak mudik Natal dan Baru pada 21-22 Desember, puncak arus balik diperkirakan pada tanggal 26 Desember 2018 dan 1 Januari 2019,” katanya saat menggelar rakor di Gerbang Tol Brebes Timur.

Peningkatan jumlah kendaraan yang melintas di Tol Trans Jawa menurut dia diperkirakan memang tak terlalu banyak bila dibandingkan dengan saat Lebaran. Pasalnya pada hari-hari biasa saja, jumlah pengguna jalur tol ini sudah sebanyak 70 ribu kendaraan.

Ia menyatakan, seluruh sarana dan prasana untuk mengamankan arus mudik-balik Natal dan Tahun Baru 2019 sudah siap. Operasi kepolisian untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru ini akan dimulai pada 21 Desember 2018.

Pihaknya menyakini musim libur akhir tahun ini akan cenderung bebas dari kemacetan, karena infrastruktur jalan sudah tertata baik. Kendati demikian menurutnya, ada yang lebih penting ketimbang isu kemacetan, yakni masalah keselamatan.

“Oleh karenanya personel polisi diharapkan mampu memberikan pemahaman agar pengemudi tidak memburu kecepatan dan mengejar waktu,” terangnya.

Dalam rakor tersebut Kakorlantas juga menyaksikan simulasi penanganan arus secara terpadu saat pengamanan mendatang. Pemaparan penanganan dan cara bertindak untuk rangkaian penanganan arus mudik dan balik tersebut melalui Tactical Floor Game (TFG) yang disampaikan oleh Kasat Lantas Polres Brebes AKP M Rikha Zulkarnaen.

Usai melaksanakan peninjauan di Brexit, rombongan melanjutkan perjalanan guna melakukan pemantauan jalur tol sampai Surabaya.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.