MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tiga Pria Bertato Ini Telah Bobol 50 ATM di 3 Provinsi, Modusnya Pakai Tusuk Gigi

0 2.033

MuriaNewsCom, Brebes – Komplotan pembobol yang telah beraksi di berbagai daerah, berhasil dibekuk jajaran Resmob Satreskrim Polres Brebes. Tak hanya di Jawa, jaringan sindikat pembobol ATM ini juga beaksi di luar Pulau Jawa.

Tiga pelaku sindikat pembobol ATM lintas pulau yang berhasil dibekuk itu yakni Darmawan (40) warga Subang, Jawa Barat, Ahmadi (39) warga Palembang, Sumatera Selatan dan Hermansyah (41) warga Bekasi, Jawa Barat.

Dari hasil pemeriksaan polisi, ketiga orang itu sedikitnya telah membobol 50 ATM. Wilayah beraksinya mulai dari Jawa Tengah, Jawa Barat hingga ke Lampung.

Uang ratusan juta rupiah berhasil dikeruk oleh komplotan yang punya tato sangar di badannya tersebut.

Penangkapan yang dilakukan cukup dramatis. Polisi harus melakukan pengintaian selama lima hari. Setelah dipastikan, polisi kemudian melakukan penggerebekan di sebuah hotel di daerah Bekasi, Jawa Barat.

Salah satu pelaku mencoba melawan saat dilakukan penangkapan. Sehingga polisi terpaksa mengeluarkan tembakan untuk melumpuhkan.

Wakapolres Brebes, Kompol M Faisal Perdana mengatakan, modus yang digunakan para pelaku yakni dengan mengganjal lubang kartu di mesin ATM menggunakan tusuk gigi. Salah satu pelaku juga mengintai saat korban memasukkan nomor PIN ATM.

Saat kartu ATM milik nasabah terganjal dan tak bisa ke luar, mereka kemudian beraksi. Menurut Faisal, salah satu pelaku punya keahlian mampu menghafal PIN hanya dengan memperhatikan gerakan tangan korban.

“Jadi modus para pelaku melakukan pembobolan dengan memasukkan tusuk gigi ke dalam lubang kartu di sebuah mesin ATM. Pengakuan mereka (pelaku) sudah melakukan aksinya di 50 lokasi berbeda,” katanya, Jumat (14/12/2018).

Saat kartu ATM korban terganjal, kawanan ini pura-pura menolong korban yang kebingunan. Sebelumnya, para pelaku sudah menyiapkan kartu ATM kosong yang mirip dengan milik korban.

Mereka memanfaatkan kelengahan korban, kartu ATM yang tadinya sudah disiapkan pelaku diberikan kepada korban. “Korban tidak sadar kalau kartu yang diberikan itu bukan miliknya, melainkan kartu ATM kosong yang sudah disiapkan pelaku,” jelasnya.

Setelah korban pergi, pelaku lalu mengeluarkan kartu ATM milik korban menggunakan gergaji besi. Pelaku pun leluasa menguras isi ATM milik korban.

“Berbagai alat bukti sudah kita amankan, seperti 42 buah kartu atm, 4 telepon seluler, satu unit mobil, 2 buah topi warna hitam, 1 buah kacamata hitam dan satu buah lem MX Bond,” jelasnya.

Sebelum dibekuk, tiga orang ini diketahui telah menjalankan aksinya membobol ATM di  lima tempat dan menguras isi rekening para korbannya. Terakhir kali, mereka beraksi di ATM BRI dekat RS Muhammadiyah Siti Aminah Jatisawit, Bumiayu, Brebes.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.