MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ribuan Warga Meriahkan Kirab Budaya Hari Jadi Kabupaten Blora

0 215

MuriaNewsCom, BloraKirab budaya dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-269 Kabupaten Blora berlangsung semarak, Selasa (11/12/2018). Kirab dimulai dari pendopo rumah dinas Bupati Blora dan berakhir di Blok T Blora.

Kirab budaya yang jadi agenda rutin mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Terbukti, disepanjang rute kirab sejauh 1,5 kilometer itu penuh dengan penonton, mulai anak-anak hingga orang tua.

Bupati Blora Djoko Nugroho bersama istri Umi Kulsum berada di barisan paling depan dengan mengenakan pakaian adat kerajaan. Selama dalam perjalanan, masyarakat khususnya anak-anak dan remaja, saling berebut untuk berjabat tangan dengan bupati. Para pimpinan Forkompinda, kepala OPD, kepala BUMN/BUMN, dan camat ikut pula dalam kirab budaya tersebut. Selain itu ada pula kelompok seni budaya barongan dan tayuban.

Dalam kirab juga disertakan ada dua gunungan, yakni lanang dan wadon (pria dan perempuan) yang dipikul prajurit semut ireng. Gunungan ini berisi jajanan dan hasil bumi yang menggambarkan Kabupaten Blora murah sandang dan pangan serta selalu bersyukur kepada Allah.

Kirab budaya dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-269 Kabupaten Blora berlangsung semarak, Selasa (11/12/2018). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Kebudayaan (Dinporabudpar) Blora Kunto Aji menyatakan, pihaknya mengapresiasi banyaknya masyarakat yang menyaksikan dan mengabadikan momentum kirab budayatersebut.

“Respon masyarakat sangat bagus. Kami mengapresiasi atusias masayrakat yang menyaksikan dan ikut menyemarakkan kirab budaya ini,” katanya.

Ia menyatakan, ada tim kesenian dari dua kabupaten yang ikut menyemarakkan kirab budaya. Yakni tim kesenian dari Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Jepara.

“Dari Jepara, ada penampilan kuda kepang jumbo. Sedangkan prosesi sedekah laut dengan mengusung kepala sapi ditampilkan tim kesenian dari Tuban,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinkominfo Kabupaten Blora Sugiyono menambahkan, acara kirab budaya selain memberi edukasi humaniora kepada warga masyarakat, juga sebagai ajang silaturahmi.

“Saya yakin, melalui sosial media sudah diinformasikan tentang agenda kegiatan Hari Jadi Kabupaten Blora ke-269. Sehingga masing-masing sudah mempunyai rencana untuk menyaksikan. Ketika bertemu dalam acara ini, bisa menjadi agenda silaturahmi sesama keluarga, teman dan kerabat,” ujar Sugiyono.

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.