MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Masyarakat Diajak Memelototi Kerja Bawaslu Agar Tetap Netral

0 220

MuriaNewsCom, Semarang – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah, meminta peran aktif masyarakat untuk ikut mengawasi kinerja Bawaslu di seluruh daerah di Jateng. Ini dilakukan agar kerja Bawaslu Jateng tetap netral sesuai ketentuan.

Ini dikatakan Koordinator Divisi Humas dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Jateng, Muhammad Roffiudin, Jumat (7/12/2018). Menurut dia, masyarakat bisa melaporkan jika melihat ada petugas pengawas pemilu tidak netral dalam menjalankan tugas.

“Masyarakat juga perlu memelototi jajaran Bawaslu. Jika ada anggota Bawaslu, baik di tingkat kecematan, kabupaten/kota tidak netral, laporkan saja,” katanya.

Pelaporan bisa dilakukan ke Bawaslu Jateng atau ke Dewan Kehoramatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). DKPP ini menurut dia, yang bertugas mengawasi mengawasi dan menindak jika ada pelanggaran.

“Ketika jajaran kami tidak netral, ada DKPP yang akan melakukan sidang dan memutuskan apakah pengaduan itu benar-benar fakta atau tidak. Kalau fakta pasti DKPP akan berikan sanksi,” ujarnya.

Ada sejumlah sanksi yang bisa diterapkan jika anggota Bawaslu terbukti melakukan pelanggaran. Yang teringan berupa peringatan, dan yang paling berat yakni pemecatan dengan tidak hormat.

Ia memastikan, jajaran Bawaslu akan terus berupaya menjaga netralitas dan tidak memihak pihak manapun dalam pengawasan semua tahapan Pemilu 2019.

Selain itu, juga menjaga integritas, profesionalisme, dan menjalankan tugas serta wewenang sesuai dengan aturan dan etika yang ada.

“Kami selalu berusaha memastikan bahwa kami harus menegakkan aturan atau pada posisi dimana (menjaga) netralitas,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.