MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Komisi II DPR RI Monitoring Pelaksanaan Pemilu di Pati 

0 186

MuriaNewsCom, Pati – Proses pelaksanaan pemilihan umum 2019 yang saat ini sudah memasuki tahapan kampanye, mendapatkan perhatian serius dari berbagai pihak. Termasuk juga Komisi II DPR RI yang melakukan monitoring pelaksanaan pemilu di Kabupaten Pati.

Anggota Komisi II DPR RI Sutriyono mengatakan, tahapannyang memasuki masa kampanye ini memanh sangat penting untuk dilakukan pengawasan. Apalagi, masa-masa itu juga bisa dikatakan rawan terhadap pelanggaran.

“Ini memang sudah menjadi tugas kami untuk selalu memonitoring proses pelaksanaan pemilu ini. Tentunya harus sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,” ungkapnya dalam acara monitoring dan pengawasan pelaksanaan regulasi kepemiluan di salah satu hotel di Pati, Kamis (6/12/2018).

Menurutnya, monitoring maupun sosialisasi kepemiluan itu dirasa sangat penting. Sebab, ada perbedaan antara pilkada yang dilakukan awal tahun lalu dengan pemilu serentak 2019 mendatang. Apalagi, pemilu serentak ini baru pertama kali dilakukan di Indonesia.

“Ini juga menjadi tanggung jawab kami untuk memastikan bahwa pemilu 2019 mendatang sudah sesuai dengan regulasi yang ada. Sehingga, proses pelaksanaannga juga harus dikawal betul agar tercapai proses pemilu yang akuntabel dan berkualitas,” tambahnya.

Lebih lanjut, dalam proses pemilu kali ini juga masih banyak masyarakat yang belum tahu, terutama dalam hal surat suara. Dengan adanya lima surat suara, hal itu juga tidak menutup kemungkinan akan membuat masyarakat bingung.

“Ini yang perlu diperhatikan. Karena, dalam pemilu pemilih adalah yang berdaulat. Tetapi kalau mereka tidak bisa membedakan mana surat suara calon presiden dan mana yang caleg, nantinya kan repot. Sehingga, kami juga ikut mensosialisasikan teknis tersebut. Hal itu dalam rangka untuk menjaga keutuhan pata pemilih,” tegasnya.

Sutriyono juga berharap agar pelaksanaan pemilu 2019 mendatang dapat terlaksana dengan baik. Masyarakat juga diminta untuk menggunakan hak pilihnya sebagai wujud pesta demokrasi.

Editor : Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.