MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Berstatus Cagar Budaya, Eks Sekolah Rakyat Kudus Bakal Dijadikan Pusat Informasi Publik

0 372

MuriaNewsCom, Kudus – Pemerintah Kabupaten Kudus berencana mempercantik bangunan eks sekolah rakyat yang berstatus cagar budaya (BCB). Direncanakan bangunan itu dimanfaatkan sebagai pusat informasi publik dan media center.

Bupati Kudus HM Tamzil mengatakan, pemkab memang sengaja ingin mempercantik bangunan peninggalan belanda itu. Ia berencana akan menjadikan bangunan itu menjadi bangunan edukasi bagi masyarakat di Kabupaten Kudus.

“Ya, kami memang menginginkan adanya bangunan kuno milik pemkab yang bisa dijadikan salah satu ikon bangunan bersejarah dan menjadi edukasi bagi masyarakat di Kota Kudus,” jelasnya.

Ia mengatakan, bangunan eks sekolah rakyat itu merupakan saksi bisu sejarah awal berdirikan sekolah di Kabupaten Kudus. Dulunya namanya adalah sekolah rakyat yang terletak di kompleks pendopo Kabupaten Kudus.

“Nantinya akan dijadikan sebagai pusat informasi publik. Kemudian juga dilengkapi dengan fasilitas internet gratis dan tersedia cafetaria yang bisa diakses masyarakat luas,” lanjutnya.

Direncanakan pembangunan itu akan direalisasikan pada tahun 2020 mendatang. Lantaran, untuk proses pembuatan detail engineering design (DED) atau bestek gambar dikerjakan baru bisa dimulai tahun 2019.

“Untuk besarannya maksimal mencapai Rp 10 miliar. Termasuk untuk penataan lingkungan. Seperti nanti juga ada kawasan yang digunakan sebagai lahan parkir yang cukup luas. Dimana tempat parkir itu dijadikan tempat parkir di Masjid Agung ataupun acara di Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus,” ungkapnya.

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.