MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

2 Harimau Benggala Bonbing Mangkang Lepas dari Kandang

0 719

MuriaNewsCom, Semarang – Dua harimau benggala koleksi Bonbin Mangkang (Semarang Zoo), Rabu (5/12/2018) lepas dari kandangnya. Lepasnya dua binatang buas ini terjadi pada pagi hari, sehingga belum banyak pengunjung yang datang.

Informasi dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah, dua harimau yang berasal dari India itu lepas sekitar pukul 08.38 WIB. Bonbin Mangkang langsung ditutup untuk pengunjung, guna proses penangkapan.

Beruntung harimau yang lepas tak sampai ke luar dari kompleks bonbin. Sehingga petugas gabungan dari BKSDA, Bonbin Mangkang dan Polsek Ngaliyan bisa melakukan pengepungan.

Kepala BKSDA Jateng, Suharman kepada wartawan mengatakan, harimau yang lepas merupakan sepasang yakni jantan dan betina. Sekitar satu jam, harimau jantan diketahui sudah kembali ke kandang. Namun harimau betina, belum diketahui keberadaanya.

Petugas kemudian dikerahkan dengan membawa alat bius. Akhirnya diketahui, harimau itu bersembunyi di dalam gorong-gorong jembatan yang ada di kompleks bonbin.

”Kami coba tutup gorong-gorong dengan dengan bekas pintu besi. Namun di percobaan pertama, harimau berhasil menerjang ke luar dan mengaum,” katanya.

Kemudian pada percobaan kedua, digunakan pintu besi yang lebih kokoh. Langkah ini berhasil, harimau tersudut di dalam gorong-gorong. Saat itulah, dokter hewan beraksi dengan menembakkan alat bius.

“Dokter Hendrik membius dengan tulup sebanyak 3 kali, namun yang kena hanya dua. Setelah bius bekerja dan satwa tertidur selanjutnya ditandu dan dikembalikan ke kandang,” terangnya.

Proses untuk menangkap harimau yang lepas ini diperlukan waktu sekitar tiga jam, yakni mulai pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB. Setelah semua dipastikan aman, sekitar pukul 02.00 WIB, bonbin kembali dibuka untuk pengunjung.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.