MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tak Kunjung Laku, Tujuh Kendaraan Dinas Pemkab Kudus Dipinjamkan

0 650

MuriaNewsCom, Kudus – Sebanyak 19 kendaraan dinas pemerintah Kabupaten Kudus hingga saat ini tak kunjung laku dilelang. Hal itu akhirnya membuat pemkab Kudus meminjamkan kendaraan itu kepada organisasi perangkat daerah (OPD).

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Kudus Eko Djumartono mengatakan, ada tujuh kendaraan dinas yang dipinjam pakai oleh sejumlah instansi maupun OPD. Di antaranya Toyota Furtuner dan Kijang LGX dipinjam pakai oleh Sat Narkoba Polres Kudus.

“Lalu Toyota Kijang Grand Lux dipinjam oleh Bawaslu Kudus, Kijang LGX dipinjam oleh Dinas Sosial Kudus, Kijang LGX dipinjam oleh Kementrian Agama Kudus, Toyota Avanza dipinjam oleh Dinas Perhubungan Kudus, dan Mini bus dipinjam oleh Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kudus,” terang dia.

Ia mengatakan, sedangkan untuk sisanya. Yakni ada 12 kendaraan dinas masih diajukan untuk dikaji oleh pemerintah Kabupaten Kudus untuk proses lelang selanjutnya.

“Sisanya kami mintakan persetujuan Bupati Kudus terlebih dahulu untuk kemudian proses lelang selanjutnya,” katanya.

Direncanakan untuk lelang 12 kendaraan itu, akan dilaksanakan pada tahun 2019 mendatang. Hanya saja, saat ini masih dilakukan pengajian dan taksiran ulang mengenai harga yang sesuai.

“Untuk penilaian kami serahkan kepada Kantor Jasa penilai publik (KJPP). Kemungkinan nilai harganya akan berkurang kembali,” ujarnya.

Ia mencontohkan, kendaraan dinas jenis Honda Civic sebesar Rp 130 juta. Namun setelah dinilai ulang harganya bisa turun menjadi sekitar Rp 105 juta saja. Begitu pun untuk kendaraan dinas jenis lainnya.

“Baru kemudian akan muncul harga lelang selanjutnya, setelah tujuh kendaraan dinas kemarin dipinjamkan,” pungkasnya.

Sementara itu, sebelumnya diketahui Pemerintah Kabupaten Kudus menurunkan harga lelang 19 kendaraan dinas. Semula harga kendaraan ditaksir Rp 1,58 miliar kini turun menjadi Rp 1,26 miliar. Namun meskipun turun harga, 19 kendaraan itu tak kunjung laku lelang.

Editor : Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.