MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pengelolaan Website Pemkab Jepara Tak Optimal

1 295

MuriaNewsCom, Jepara – Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Jepara saat ini telah memiliki laman website. Namun pemanfaatan dan pengelolaannya belum optimal, bahkan sebagian besar di antaranya masih sangat pasif.

Hal tersebut dipaparkan Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi Diskominfo Jepara, Arif Darmawan dalam rapat koordinasi (rakor) tim pengelola website Pemkab, pada Senin (26/11) di Ruang Sosrokartono Jepara. Rakor dibuka Kabid Informatika Diskominfo Jepara Setyanto, diikuti 50 peserta dari unsur pengelola website seluruh OPD.

Arif menjelaskan, Komisi Informasi Publik (KIP) Jateng baru-baru ini telah melakukan pemeringkatan Penjabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) se-Jateng. Hasilnya, melalui kuesioner penilaian mandiri atau Self Assessment Questionnaire (SAQ), PPID Kabupaten Jepara dinilai masih kurang informatif, sehingga perlu perhatian khusus.

“Kami mohon kesiapan rekan-rekan semua selaku admin atau yang mengoperasionalkan website OPD, untuk ditangani bersama-sama, memahami soal tugas PPID pembantu yang ada di masing-masing OPD,” imbau dia.

Ada banyak kelembagaan PPID yang perlu pembenahan, misalnya pemutakhiran konten website, aktivasi layanan aduan masyarakat melalui media sosial, dan kelengkapan layanan informasi. Pembenahan harus didukung seluruh OPD dan kecamatan.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Informasi di Bidang Komunikasi Diskominfo Jepara, Abdul Haris Farawowan mengatakan pengelolaan website OPD sudah cukup baik, hanya saja kontinuitas masih kurang. Sehingga banyak program dan kegiatan yang tidak tersampaikan.

Rakor yang diikuti seluruh perwakilan OPD ini, merupakan tindak lanjut dari kegiatan serupa. Diharapkan peserta dapat mengaplikasikan wawasan yang diperoleh selama kegiatan berlangsung, sehingga dapat melaksanakan tugasnya degan baik.

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc
  1. Winona berkata

    Mungkin perlu diadakan evaluasi, barangkali ada kendala dari sisi Adminnya supaya dapat dipecahkan bersama. Entah itu kendala yang bersifat teknis maupun kendala manajemen pengelolaannya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.