MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

19.270 Orang Terinfeksi HIV/AIDS, Jateng Peringkat 4 Nasional

0 254

MuriaNewsCom, Semarang – Jumlah pengidap HIV/AIDS di Jawa Tengah hingga tahun ini sangat tinggi. Bahkan saking banyaknya, menempatkan Jateng berada di posisi ke empat penderita HIV/AIDS terbanyak di Indonesia.

Data di Kementerian Kesehatan, pengidap HIV/AIDS di provinsi ini mencapai 19.270 orang. Secara nasional jumlah pendertita HIV tercatat sebanyak 280.623 orang.

Dari jumlah itu, wilayah yang paling banyak penderitanya yakni DKI Jakarta, Jawa Timur, Papua, Jawa Tengah dan Bali.

“Dari data Kementerian Kesehatan, pengidap HIV di Jawa Tengah mencapai 19.270 orang,” kata Asisten Deputi Perlindungan Anak Dalam Situasi Darurat dan Pornografi Kementerian (P3A), Darmawan.

Dengan kondisi itu, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak(P3A) mengajak generasi muda di Kota Semarang untuk mengampanyekan tentang bahaya serta upaya mencegah penyebaran HIV/AIDS.

Menurut dia, upaya penanggulangan HIV/ AIDS harus melibatkan generasi muda. “Kami ingin menjadikan anak muda sebagai agen perubahan, menginformasikan kepada teman-temannya tentang penanggulangan HIV,” ujar Darmawan.

Selain itu, kata dia, penanganan terhadap pengidap HIV harus dilakukan bersama tanpa diskriminasi. Ia mengemukakan, mengedukasi generasi muda tentang penularan HIV juga penting.

“Penularannya tidak semudah yang dibayangkan masyarakat. Oleh karena iti kami ingin mengedukasi mengenai HIV tersebut,” kata Darmaswan.

Sementara itu, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, penanganan terhadap HIV/AIS tak hanya sekadar mencegah penularan saja, melainkan juga perlu adanya edukasi terhadap lingkungan sekitar.

“Sangat penting menangani HIV/AIDS bukan hanya pada penderita, tapi juga perlindungan kepada lingkungan sekitar. Penderita gimana supaya tercatat dan bisa hidup bersama agar tidak dikucilkan. Peran orang tua buat anak juga sangat penting dalam mengedukasi terkait pergaulan,” terangnya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.