MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ibu Rumah Tangga di Demak Diajari Bikin Usaha Rumahan Kekinian

0 284

MuriaNewsCom, Demak – Puluhan ibu-ibu di Kabupaten Demak, mendapatkan pelatihan untuk membuat usaha dengan hasil yang menjanjikan. Mereka dilatih membuat produk olahan kekinian serta juga diajari tentang perizinan dalam industri rumahan.

Kegiatan ini diselenggarakan Komunitas Sahabat Lestari Demak, yang dibina oleh Korwil Partai Nadem Jateng-DIY, Lestari Moerdijat. Kegiatan diselenggaran di Desa Mijen, Keamatan Mijen, Kabupaten Demak, Kamis (15/11/2018).

Lestari Moerdijat mengatakan, pelatihan ini tujuan utama yakni untuk meningkatkan wirausahawan baru. Yakni dengan mengajari para ibu rumah tangga bagaimana caranya membikin sebuah usaha yang dimulai dari skala rumahan namun dengan hasil yang menjanjikan.

”Sehingga dampak yang diharapkan yakni terciptanya lapangan pekerjaan baru. Selain itu ibu rumah tangga juga bisa terlibat aktif dalam pemenuhan perekonomian keluarga,” kata Lestari.

Menurut dia, dalam pembuatan usaha selain harus mampu menghasilkan produk yang bersaing, aspek penting lain yakni perizinan. Oleh karenanya, dalam kesempatan itu pihaknya juga menyosialisasikan tentang izin Produk Industri Rumah Tangga (PIRT).

”Izin PIRT ini sangat penting karena nantinya produk yang dijual itu benar-benar bisa dijamin dari sisi kesehatan dan lainnya,” terangnya.

Dalam pelatihan itu, relawan Sahabat Lestari juga mengajari para ibu rumah tangga bagaimana membuat produk dan proses pengemasan hingga pemasaran.

Dalam pelatihan didatangkan pemateri bernama Sri Rahayu. Ia meruoakan pengusaha olah makanandan bergerak membangun UMKM di Demak.

Salah satu produk olahan yang diajarakn pada para peserta yakni onde-onde ketawa serta bolu gulung ubi ungu. Sri Rahayu memberikan tutorial cara membuat olahan-olahan makanan tadi dan mengajak para peserta langsung praktik.

”Pesertanya sangat antusias. Karena pelatihan ini memang sangat penting dan bermanfaat bagi kaum wanita terutama ibu-ibu rumah tangga,” terangnya.

Dari pelatihan ini diharapkan nantinya ibu rumah tangga bisa membuka usaha sendiri, dengan mempraktikkan tips-tips yang diberikan. Sri Rahayu juga mengajak para ibu rumah tangga yang ingin bergerak di industri rumah untuk bergabung dengan forum UMKM di Demak.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.