MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kasus Bagi-bagi Uang Mantan Bupati Semarang Segera Diadili

0 2.277

MuriaNewsCom, Semarang – Mantan Bupati Semarang Siti Ambar Fathonah diduga melakukan pelanggaran kampanye berupa politik uang. Ambar yang kini menjadi caleg DPRD Jateng dari Partai Golkar itu diduga membagi-bagikan uang untuk mengajak memilih dirinya pada Pemilu 2019 mendatang.

Kasus bagi-bagi uang ini terjadi saat pagelaran wayang kulit di Desa Pakopen, Kabupaten Semarang pada 23 September 2018 lalu.

Saat adegan dagelan, Ambar Fathonah bersama caleg DPRD Kabupaten Semarang, Sarwono naik panggung menyampaikan orasi politik yang dinilai mengandung unsur kampanye. Selain berorasi, keduanya memberikan dua amplop berisi uang kepada panitia dengan dalih untuk sumbangan membeli air meniral.

Anggota DPRD Jateng tersebut, diduga melanggar Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Ketua Bawaslu Jawa Tengah, Fajar Subhi, mengatakan kasus itu akan segera disidangkan.

“Berkas sudah dilimpahkan ke Pengadilan, kami menunggu jadwal sidang oleh pengadilan. Dugaan pelanggarannya adalah politik uang,” kata Fajar kepada wartawan.

Menurut dia, kasus dugaan pelanggaran pemilu termasuk dalam kategori pidana cepat dengan batas waktu tertentu harus segera diputus.

Kasus tersebut, kata dia, berbeda dengan kasus pidana pemilu saat Pilkada 2018 lalu yang terjadi di Kendal dan Temanggung.

Pada kasus kali ini, lanjut dia, yang dijerat pidana merupakan caleg sebagai pelaku langsung dalam dugaan politik uang.

”Kalau kasus kali ini, yang diduga melakukan pidana merupakan caleg sebagai pelaku langsung dalam dugaan politik uang,” ujarnya.

Lebih jauh, Fajar menerangkan pihaknya akan memantau dan menunggu putusan dari persidangan tersebut. Dia tidak ingin gegabah dalam memberikan rekomendasi kepada KPU terkait caleg yang bersangkutan.

“Kami lihat dulu nanti putusan pengadilan sebelum memberikan rekomendasi ke KPU berkaitan dengan caleg yang bersangkutan,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.