MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Umi Azizah Dilantik Gantikan Ki Enthus, Januari Dilantik Lagi

0 669

MuriaNewsCom, Semarang –  Wakil Bupati Tegal Umi Azizah dilantik menjadi Bupati Tegal oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Senin (5/11/2018). Umi menggantikan Ki Enthus Susmono yang meninggal beberapa waktu lalu, untuk sisa periode 2014-2019.

Nantinya pada Januari 2019, Umi juga direncanakan kembali dilantik sebagai bupati Tegal periode 2019-2019, setelah terpilih pada Pilkada Tegal 2018 lalu. Dalam pilkada ini Umi berpasangan dengan Sabilillah Ardie.

Sebelumnya, Enthus dan Umi merupakan Bupati dan Wakil Bupati Tegal periode 2014-2019. Keduanya kembali berpasangan dan mendaftar ke KPU untuk Pilkada 2018.

Namun pada 14 Mei 2018 sebelum pilkada digelar, Enthus wafat. Umi pun akhirnya maju sebagai calon bupati dan calon wakil bupati dipilih Sabililah Ardie. Paslon nomor urut 3 itu menang telak dengan perolehan suara 70,94 persen.

Sementara itu, dalam pelantikan yang digelar di gedung Gradhika Bhakti Praja, kompleks kantor gubernuran, Ganjar Pranowo meminta Umi meneruskan perjuangan Ki Enthus.

“Ki Enthus itu sahabat saya. Dedikasinya luar biasa untuk pembangunan Tegal dan Jawa Tengah. Saya minta kepada bupati baru, Umi Azizah untuk melanjutkan perjuangan beliau,” kata Ganjar.

Menurut Ganjar, selama menjadi bupati, Ki Enthus banyak menggunakan pendekatan kebudayaan dalam menata pemerintahan.

“Ini menarik. Nilai-nilai ini harus diteruskan dengan ditambah tata kelola pemerintahan yang baik, agar bisa lebih kencang lagi dalam memajukan daerah,” ujarnya.

Baca : Ki Enthus Meninggal Karena Serangan Jantung

Tata kelola yang baik itu lanjut Ganjar diturunkan dengan pemerintahan yang bersih dan melayani. Turunannya adalah prioritas pada skala pembangunan yang dibutuhkan masyarakat. “Partisipasi masyarakat harus ditampung. Saya yakin Bu Umi bisa melakukan itu,” tambahnya.

Disinggung pelantikan Umi Azizah di sisa masa jabatan tidak lebih dari dua bulan sebelum kembali dilantik, Ganjar menerangkan jika hal ini penting untuk kesempatan menata pemerintahan pada periode selanjutnya.

“Ini kesempatan menata 2019. Baik penataan APBD, menyiapkan struktur organisasi yang baik, menyiapkan sumber daya manusia yang baik dan meniupkan nilai-nilai tata kelola pemerintahan yang baik. Ini kesempatan bagus untuk menyiapkan pemerintahan selanjutnya sesuai hasil Pilkada lalu,” pungkasnya.

Sementara itu Umi Azizah mengaku siap melaksanakan apa yang menjadi perintah Gubernur Jawa Tengah itu.

“Soal tata kelola pemerintahan yang baik, saya akan berusaha semaksimal mungkin melaksanakannya. Saya juga akan menggunakan pendekatan-pendekatan kebudayaan seperti yang dilakukan Ki Enthus,” ucapnya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.