MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Operasi Zebra Digelar 2 Pekan, Kapolda Larang Polisi Arogan

0 860

MuriaNewsCom, Semarang – Mulai Selasa (30/10/2018) hari ini hingga 14 hari ke depan, seluruh jajaran kepolisian di Indonesia menggelar Operasi Zebra 2018. Di Jawa Tengah, ribuan personel dikerahkan untuk menggelar operasi ini.

Tak hanya personel polisi saja, jajaran TNI, dan Dinas Perhubungan maupun instansi terkait juga dilibatkan untuk mendukung operasi.

Operasi untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas ini dimulai dengan gelar pasukan. Di tingkat Polda Jateng, gelar pasukan dipimpin Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono di lapangan Polda Jateng, Jalan Pahlawan, Kota Semarang.

Dalam sambutanya, kapolda menyatakan operasi ini digelar mulai 30 Oktober hingga 13 November 2018. Pihaknya menekankan tentang upaya-upaya untuk menekan angka kecelakaan.

“Operasi ini digelar dalam rangka meminimalisir korban-korban kecelakaan lalu lintas. Untuk itu selama 2 pekan kita nanti untuk diarahkan menangani laka lantas,” katanya.

Selain itu, ia mengingatkan bahwa pelanggaran lalu lintas harus diminimalisir, pengguna jalan harus ditingkatkan kesadaranya dan kepatuhanya.

“Untuk itu sinergitas pemangku kepentingan lalu lintas wajib hukumnya. Jangan kontra produktif, tujuan kita menyelamatkan masyarakat dari korban kecelakaan,” ujarnya.

Oleh karenanya, di dalam penegakan hukum kapolda mengimbau kepada polisi untuk tidak bersikap arogan ataupun menyakiti rakyat.

Dalam operasi yang digelar serentak ini, ada tujuh sasaran utama. Di antaranya, pengemudi menggunakan HP, pengemudi melawan arus, pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu orang, maupun pengemudi di bawah umur.

Selain itu, sasaran lainnya yakni pengemudi dan penumpang motor yang tidak menggunakan helm SNI, pengemudi mabuk, dan pengemudi yang melebihi batas kecepatan ditentukan.

Polisi akan langsung melakukan tindakan tegas berupa tilang. Selain itu, polisi juga akan menggelar penyuluhan dan edukasi mengenai tertib berlalu lintas melalui spanduk maupun imbauan melalui media sosial.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.