MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Angkut Puluhan Batang Kayu Ilegal, Sopir Truk di Grobogan ini Diamankan Polisi

0 414

MuriaNewsCom, Grobogan – Seorang sopir truk bernama Priyanto (35) diamankan tim gabungan dari Polsek Geyer dan KPH Gundih. Gara-garanya, sopir yang beralamat di Kecamatan Geyer tersebut kedapatan mengangkut puluhan batang kayu sonokeling tanpa dilengkapi dokumen.

Penangkapan sopir truk itu bermula dari adanya bekas pohon ditebang yang ditemukan petugas Perhutani KPH Gundih Edi Pramono saat melakukan patroli rutin di kawasan hutan petak 43 B, RPH Kedungtawing, BKPH Juworo pada hari Sabtu (6/10/2018).

Saat dicek lebih lanjut, ada dua pohon yang ditebang. Masing-masing memiliki diameter 110 dan 120 centimeter.

Dari temuan lapangan itu, petugas Perhutani kemudian berkoordinasi dengan Polsek Geyer untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut. Hasil penelusuran akhirnya membuahkan hasil ketika petugas gabungan sempat melihat ada truk mencurigakan yang melintas di Desa Juworo.

Sejumlah petugas selanjutnya menghentikan laju truk warna kuning dengan nopol K 1586 KP yang dikemudikan Priyanto tersebut. Saat diperiksa, di dalam bak kendaraan terdapat potongan kayu sonokeling. Muatan truk ini identik dengan bekas potongan pohon yang ditemukan di kawasan hutan.

“Muatan kayu dalam truk jumlahnya ada 30 batang berbagai ukuran dengan volume sebanyak 0,93 meter kubik. Kayu itu tidak dilengkapi dokumen yang sah. Barang bukti dan sopir langsung kita amankan,” ungkap Kapolsek Geyer AKP Sunaryo, Kamis (11/10/2018).

Sunaryo menambahkan, akibat kejadian ini, pihak Perhutani KPH Gundih mengalami kerugian sekitar Rp 5.270.910. Pelaku akan dijerat dengan pasal 82 ayat (1) huruf (b), subsider Pasal 83 ayat (1) huruf (b) UU RI nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

Editor : Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.