MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sumur Kecil di Cilacap Ini Airnya Meletup Seperti Mendidih, Ternyata Ini Penyebabnya

0 636

MuriaNewsCom, Cilacap – Warga di Desa Rawajaya, Kecamatan Bantarsari, Kabupaten Cilacap, digegerkan dengan temuan sumur kecil yang airnya seolah mendidih. Sumur itu berdiameter sekitar 50 cm dan menyerupai kawah kecil, kadang kala mengeluarkan letupan.

Sumur kecil itu ditemukan warga di tanah Perhutani Petak 27 Dukuh Pangkuan Desa Rawajaya. Kehebohan ini juga telah ditanggapi beberapa pihak. Di antaranya aparat kepolisian yang melakukan pemeriksaan di lokasi penemuan sumur.

Ternyata penyebab munculnya letusan dan air yang seperti gas itu, karena faktor gas alam. Semburan gas dari bawah tanah ini yang membuat letupan lumpur dan air beriak  seperti mendidih.

Kapolsek Bantarsari Iptu Sulimin Kamis (11/10/2018) mengatakan, sumur yang mempunyai kedalaman kurang lebih 3 meter tersebut, mengeluarkan gas sehingga air yang di dalam sumur seperti mendidih.

Penemuan sumur itu menurut dia, sudah lima bulan lalu. Namun oleh warga dianggap air rawa biasa, sehingga tak dihiraukan oleh warga sekitar. Namun belakangan terakhir, warga menjadi heboh lantaran dari dalam sumur muncur semburan dan letusan.

Saat dilakukan pemeriksaan oleh anggota Polsek Bantarsari dengan di damping warga di ketahui bahwa kondisi air dingin agak keruh berwarna kuning. Air sumur itu juga berasa asin terkadang mengeluarkan gas sehingga seperti air mendidih.

“Saat dicoba dinyalakan dengan korek api ternyata menyala dan ketika dicoba ditutup dengan plastik kresek di atasnya, ternyata tas kresek itu mengembang seperti balon ditiup dan dinyalakan dengan korek ternyata menyala,” ujarnya.

Sumur tersebut berada jauh dari pemikiman penduduk. Akses menuju lokasi juga tidak bisa dilewati menggunakan sepeda motor dan untuk menjangkaunya harus jalan kaki melalui jalan persawahan.

Pihak Polsek sudah berkordinasi dengan Desa Rawajaya agar di sekeliling sumur diberi pagar pembatas bambu dan diberi tulisan peringatan, agar masyarakat yang melihat tidak terlalu dekat, agar tidak membahayakan.

Penemuan sumur tersebut sudah dilaporakan ke pihak Pemerintah Kabupaten Cilacap untuk dilakukan penelitin lebih lanjut.

“Dari analisa awal kami bahwa tidak tertutup kemungkinan sumur tersebut merupakan gas rawa yang terkadang keluar dari dalam tanah yang retak dan kering saat musim kemarau,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.