MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Elang Jawa Ditemukan Lemas Nyaris Mati di Jaring Sawah

0 2.566

MuriaNewsCom, Pekalongan – Seekor burung langka, elang Jawa ditemukan petani terjerat jaring di sawah warga Desa Wonorejo, Kabupaten Pekalongan. Saat ditemukan, elang tersebut dalam kondisi lemas dan nyaris mati.

Elang itu kali pertama ditemukan pemilik sawah, bernama Murido. Ia mengaku cukup kaget saat melihat burung tersebut tak bergerak di jaring yang digunakan untuk menghalau hama di sawahnya.

”Saya bingung saat menemukan burung ini. Kondisinya sudah lemas hampir mati. Apalagi katanya burung ini dilindungi,” katanya, Kamis (11/10/2018).

Burung itu ditemukannya Rabu (10/10/2018) kemarin. Mengetahui kondisi burung yang cukup memprihatinkan, Murido lantas membawa pulang burung itu untuk dirawat dan melaporkannya ke perangkat desa.

Diduga burung ini sudah dalam kondisi tak sehat saat terbang dan terjatuh ke jaring di sawah. Kemungkinan lain elang tersebut terjerat jaring saat tengah berburu makanan.

Penemuan burung langka ini kemudian dilaporkan ke kepolisian. Kasat Reskrim Poles Pekalongan AKP Agung Ariyanto, kemudian memerintahkan Unit Tipider yang dipimpin Ipda Suradi untuk mendeteksi laporan tersebut.

Tim Tipider kemudian menemui Murido dan mengecek kondisi elang tersebut di rumahnya di Dukuh Kiyudan, Desa Wonorejo. Murido pun menceritakan kisah penemuan itu, dan menyerahkan elang tersebut ke pihak kepolisian.

Selanjutnya dari Unit Tipidter Sat Reskrim Polres Pekalongan akan menyerahkan Elang Jawa tersebut kepada BKSDA. Polisi juga menyatakan apresiasinya kepada warga yang ikut membantu melestarikan elang jawa yang kini hampir punah.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.