MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pegawai Dishub Rembang Terciduk Pungli, Ganjar Marah Besar

0 5.588

MuriaNewsCom, Temanggung – Dua oknum pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Rembang, terkena operasi tangkap tangan (OTT) oleh tim Saber Pungli Polda Jateng. Kedua petugas itu diduga kuat melakukan pungli dalam proses uji kelayakan kendaraan bermotor (kir).

Kondisi ini membuat Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo marah besar. Bahkan Ganjar menyatakan akan terus menyikat praktik uji kir jika tidak ada perbaikan.

Ini dikatakan Ganjar usai membuka Bursa Inovasi Desa di Pendopo Pengayoman kabupaten Temanggung.

“Ben (biar) kapok. Ini ada saber pungli dari Kepolisian yang terus bergerak, dan itu sebenarnya laporannya sudah lama,” katanya dilansir Antara Jateng.

Pada operasi tim Saber Pungli tersebut selain dua petugas turut diamankan uang Rp 21,5 juta. Selanjutnya kepolisian terus menelusuri aliran uang tersebut.

Menurut Ganjar, kir itu penyakit. Karena menjadi salah satu sumber besar praktik pungli. Dia meminta kepada pemerintah kabupaten/kota untuk turut aktif dalam menghalau praktik korup tersebut.

“Ayolah kawan-kawan, Pak bupati titip ya, nanti kir-nya disikat. Ingatkan dulu, kalau tidak bisa kita sikat,” ujarnya.

Proses menyikat praktik pungli seperti itu memang pernah dilakukan Ganjar. Diawali pengawasan dan peringatan. Ketika dua hal tersebut tak digubris, barulah eksekusi.

“Saya dulu bicara jembatan timbang kan juga sama. Tak ingatkan, tidak bisa tak sikat,” terangnya.

Ganjar berharap tim Saber pungli untuk terus keliling melakukan pencegahan, peringatan, dan eksekusi.

“Saya berharap tim Saber Pungli sekarang berkeliling melakukan pencegahan, kemudian melakukan warning, ketiga eksekusi. Jadi semua bergerak, kalau tidak dipaksa tidak bisa,” kata Ganjar.

Baca : Petugas Dishub Rembang Kena OTT Polda Jateng, Layanan KIR Disetop

Sementara Polda Jateng menyatakan tengah Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol.Condro Kirono mengatakan penyidik masih mengembangkan aliran dana hasil pungli yang diungkap kepolisian di Dinas Perhubungan Rembang.

Sementara dua pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Rembang yang tertangkap tangan menerima pungli uji kendaraan, kata kapolda, kedunya sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Sebelumnya, Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah mengungkap praktik pungli pada uji kendaraan di Dinas Perhubungan Kabupaten Rembang.

Polisi mengamankan dua pegawai dinas perhubungan yang diduga menerima uang di luar biaya resmi yang ditetapkan.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.