MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Relawan dan Bantuan dari Jateng Mulai Dikirim ke Korban Tsunami Palu

0 440

MuriaNewsCom, Semarang – Pemprov Jawa Tengah, Sabtu (6/10/2018) pagi tadi mulai mengirimkan relawan dan bantuan ke korban bencana gempa dan tsunami di Palu. Para relawan dan bantuan ini dikirim melalui jalur laut.

Ada 199 relawan yang dikirim ke Palu. Selain itu, juga ada bantuan berupa uang tunai, obat-obatan, makan, air bersih, tim medis, tim trauma healing dan lainnya. Total nilai bantuan uang dan barang senilai Rp 1,9 miliar.

Relawan dan bantuan itu dilepas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di halaman kantor gubernuran Jalan Pahlawan, Kota Semarang. Ganjar menyatakan terimakasih, dan berpesan agar relawan yang berangkat tak boleh merepotkan pemerintah di sana.

“Saya tekankan, tolong relawan tidak boleh ngrepoti. Kawan-kawan relawan yang akan berangkat ini harus memiliki kemampuan untuk menolong dan harus memiliki bekal yang cukup selama proses di sana,” katanya.

Untuk itu, para relawan harus siap betul dan menghitung estimasi waktu dengan perbekalan yang ada. Selain itu, pemahaman peta bencana dan pengetahuan tentang penanggulangan bencana harus dimiliki.

Ratusan personel dan puluhan truk pengangkut bantuan diberangkatkan pagi ini. Bantuan uang yang dikirimkan di antaranya berasal dari BPBD Jateng sebesar Rp 450 juta, gabungan pengusaha farmasi obat-obatan (Rp 462 juta), Yayasan Kesehatan Telogorejo (Rp150 juta).

Selain itu juga ada bantuan dari sejumlah pihak untuk pembuatan hunian sementara di antaranya dari Bank Jateng dan Korpri sebesar Rp 350juta.

Ada juga dari Dinas Kesehatan yang mengirimkan tenaga medis, obat-obatan serta peralatan rumah sakit. NTMC Polda Jateng, dan Kodam IV/Diponegoro juga mengirimkan bantuan dengan total bantuan senilai Rp 500 juta.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.