MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Demi Air, Warga di Ngampon Blora Terpaksa Gali Dasar Embung yang Sudah Mengering

0 334

MuriaNewsCom, Blora – Bencana kekeringan yang melanda wilayah Blora sejak beberapa bulan terakhir belum ada tanda-tanda kapan berakhir. Meski sudah ada bantuan air, namun jumlahnya dirasa belum bisa mencukupi kebutuhan warga.

Terkait kondisi itulah, sebagian warga terus berupaya mencari sumber air baru. Salah satunya dengan menggali dasar embung yang sudah mengering untuk dijadikan sumur kecil. Seperti yang dilakukan oleh warga Dusun Jelubang, Desa Ngampon, Kecamatan Ngawen.

Pembuatan sumur di dasar embung sedalam delapan meter itu sudah dilakukan sekitar tiga bulan lalu. Sumur yang dibuat memang menghasilkan air tetapi volumenya terbatas. Kondisi itu menyebabkan warga harus antri untuk menunggu giliran mengambil air.

Selain volumenya kecil, kualitas air dari sumur gali itu tidak begitu bagus karena kondisinya agak keruh. Meski demikian, air itu tetap digunakan warga untuk mandi, mencuci, dan minum ternak.

“Airnya memang agak keruh tetapi bisa dimanfaatkan. Sebelumnya, air kita endapkan dulu. Setelah terlihat jernih baru digunakan,” kata Ngasih, warga setempat.

Dampak kekeringan memang sangat dirasakan 300 KK yang ada di kampung tersebut, sejak kemarau tiba. Selain bantuan air, warga berharap agar dalam waktu dekat segera turun hujan sehingga kesulitan mendapatkan air bisa berkurang.

Editor : Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.