MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Mulai Besok Polda Jateng Gelar Operasi Mantap Brata Selama 397 Hari

0 1.668

MuriaNewsCom, Semarang – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah, mulai Kamis (20/9/2018) besok menggelar Operasi Mantap Brata Candi untuk pengamanan Pemilu 2018. Operasi ini akan digelar selama 397 hari, atau hingga 21 Oktober 2018.

Untuk persiapan operasi, Rabu (19/9/2018) pagi tadi, Polda Jateng menggelar apel gelar pasukan di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang. Apel pasukan juga melibatkan TNI, Satpol PP dan unsur lainnya.

Dalam sambutannya, Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono menyatakan kepolisian bersama TNI siap untuk melakukan pengamanan pesta demokrasi yang akan memilih wakil rakyat serta presiden dan wakil presiden.

“Operasi ini dalam rangka mewujudkan keamanan, kesejukan, kedamaian dalam semua tahapan pileg maupun pilpres 2019 yang sudah kita lalui saat ini,” katannya saat ditemui wartawan.

Ia menyebut, Polda Jateng mengerahkan kekuatan sebanyak 21.980 personel Polri untuk melakukan pengamanan. Selain itu TNI dalam hal ini Kodam IV/Diponegoro juga mengerahkan 3 SSI setingkat batalyon. Selain itu, ada juga personel yang nantinya melekat di tiap TPS.

Tahapan pemilu yang dimulai dengan masa kampanye akan memakan waktu relatif cukup panjang, sekitar 7 bulan.

Kapolda Jateng menyematkan pita pada personel yang terlibat Operasi Mantap Brata Candi 2018. (Humas Polda Jateng)

Kapolda mengingatkan energi yang harus disiapkan dalam mengamankan masa kampanye sepanjang itu. Dalam apel pasukan ini juga ditandatangani komitmen netralitas TNI, Polri, dan para penyelenggara pemilu.

“TNI, Polri, ASN dan penyelenggara pemilu tadi kita bersama-sama berkomitmen Ikrar Netralitas karena kita harus berdiri di semua elemen sehingga netralitas TNI Polri dan elemen mutlak,” terangnya.

Kapolda menerangkan bahwa operasi ini diselenggarakan dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang didukung kegiatan intelijen, serta fungsi-fungsi kepolisian dalam bentuk satuan tugas di semua tingkatan.an Tingkat Polres.

“Perkuat soliditas dan sinergitas TNI dan Polri, jaga netralitas, kedepankan langkah proaktif, dorong seluruh elemen, gelorakan deklarasi pemilu damai, susun rencana pengamanan secara detai serta lakukan penegakan hukum secara professional dan proporsional guna mewujudkan Pemilu yang aman, lancar, dan damai,” tutup Kapolda

Sebelumnya, kapolda juga menyiapkan pasukan khusus yang akan mengawal semua kegiatan calon presiden dan wakil presiden di Jateng. Tim ini akan memberikan pengawalan ekstra, mulai dari kedatangan, pengawalan, hingga antisipasi tindakan tak terduga.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.