MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Polda Siapkan Tim Khusus Kawal Kampanye Capres-Cawapres di Jateng

0 391

MuriaNewsCom, Semarang – Polda Jawa Tengah akan mengerahkan sebanyak 27 ribu personel dengan dan dibantu 9 ribu personel TNI untuk mengamankan proses Pemilu 2019 di provinsi ini. Tak hanya itu, Polda Jateng juga menyiapkan tim khusus yang bakal mengawal kegiatan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di Jateng.

Kapolda Jateng, Ir Jen Pol Condro Kirono mengatakan, tim khusus untuk mengawal kegiatan capres dan capres ini terdiri dari 23 ribu personel. Mereka tergabung dalam tiga tim.

“Kami siapkan khusus untuk capres dan cawapres. Satu tim rangkaian kedatangan capres-cawapres, tim yang menjaga VIP, hingga tim cadangan,” kata kapolda di sela-sela simulasi penanganan kerusuhan pemilu di Lapangan Tribrata, kompleks Akpol Semarang, Selasa (18/9/2018).

Selain itu, Polda Jateng juga menyiapkan Satuan Tugas (Satgas) Anti Kampanye Hitam. Satgas ini akan bergerak mencegah adanya tindakan kekerasan maupun akibat adanya kampanye hitam.

Selain itu, satgas ini juga akan menyisir media sosial dan internet untuk menyasar kegiatan kampanye hitam.

Simulasi penanganan kerusuhan dalam Pemilu 2019 di Akpol Semarang. (Humas Polda Jateng)

Dalam simulasi sistem pengamanan kota (sispamkota) ini melibatkan beberapa unsur pengamanan. Yakni dari Polda Jateng dan  Kodam IV/Diponegoro dan Satpol PP. Pangdam  IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga hadir.

Sejumlah satuan elite dari Polda Jateng dan Kodam IV/Diponegoro dikerahkan dalam simulasi tersebut. Mereka memerankan adegan-adegan jika terjadi kerusuhan. Termasuk model pengamanan jika terdapat ancaman terhadap capres-cawapres.

Dalam simulasi ini ditampilkan sinergitas antara Polri, TNI serta Satpol PP dalam pengamanan rangkaian kegiatan pemilu, mulai masa kampanye hingga masa pemungutan suara, dari aman kondusif hingga terjadi konflik sosial.

Usai simulasi, Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono berharap, pesta demokrasi Pileg dan Pilpres 2019 berjalan aman sejuk dan  kondusif.

”Sebagai penanggungjawab keamanan, Polda Jateng didukung Kodam IV/Diponegoro bersinergi untuk melakukan langkah-langkah pengamanan manakala ada situasi yang mengarah pada kerusuhan masa maupun pelanggaran pidana,” terangnya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.