MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Mulai Dibangun, Lahan Bandara Ngloram Blora Dipagari

0 705

MuriaNewsCom, BloraRencana pembangunan dalam rangka pengaktifan kembali Bandara Ngloram, Blora mulai dikerjakan. Dalam tahap awal dilakukan pemagaran keliling di lahan revitalisasi bandara.

Aset Bandara Ngloram sebelumnya secara resmi sudah beralih status kepemilikannya. Hal ini menyusul sudah dilakukannya serah terima dokumen aset yang dilakukan pihak Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kemen ESDM) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) kepada pihak Kementerian Perhubungan. Serah terima aset dilangsungkan di Gedung Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Migas Cepu, Blora, Jumat (13/4/2018) lalu.

Pelaksanaan pemagaraan keliling dilakukan Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub dilakukan dengan melibatkan warga lokal. Lahan yang dipagar adalah aset berupa bandara dan lahan seluas sekitar 20 hektare. Pemagaran sudah dilakukan di sisi timur, dan selatan.

Sekedar diketahui, setelah tidak aktif sejak 1984, lahan bandara Ngloram dibiarkan tanpa pagar. Selain untuk jalan pintas menuju ke sawah atau permukiman, sebagian lahan bandara dipakai untuk menjemur hasil panen.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Presiden, Menteri Perhubungan, dan Gubernur Jawa tengah, atas di mulainya pemagaran di sekitar bandara ini. Dengan adanya pemagaran ini tentu masyarakat sangat senang sekali karena sejak lama berharap Bandara Ngloram ini aktif kembali. Saya sudah berkesempatan untuk melihat proses pemagaran di lokasi bandara Ngloram,” jelas Wakil Bupati Blora Arief Rohman, Rabu (5/9/2018).

Keberadaan bandara ini nantinya akan menjadi daya ungkit pertumbuhan ekonomi yang luar biasa di Kabupaten Blora. Soalnya, ada tambahan kemudahan masyarakat dalam memanfaatkan sarana transportasi jika bandara Ngloram nanti sudah beroperasi.

Sementara itu, Direktur Bandar Udara Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Bintang Hidayat menyatakan, sesuai rencana, tahun ini akan dilakukan pemetaan lahan dan pemagaran. Sedangkan proses pembangunan akan mulai dilaksanakan 2019 dan diharapkan bisa mulai beroperasi pada akhir 2020.

“Mohon doa dan dukungannya dari seluruh pihak baik Pemkab Blora, Pemprov Jateng dan stakeholder lainnya,” jelasnya, beberapa waktu lalu.

Editor: Supriyadi

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.