MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Harga Hewan Kurban di Pati Mulai Melejit

0 401

MuriaNewsCom, Pati – Menjelang Hari Raya Idhul Adha 1439 H, harga hewan kurban di Kabupaten Pati mengalami kenaikan. Bahkan, untuk harga sapi mengalami kenaikan hingga 20 persen per ekornya. Sementara untuk harga kambing, naik 10-15 persen

Dari pantauan MuriaNewsCom, sejumlah pasar hewan di Kabupaten Pati mulai ramai pembeli untuk kebutuhan kurban. Bahkan, sebagian di antaranya sudah ada yang membeli dengan jumlah banyak.

Salah satu pedagang di Pasar Hewan Pati, Desa Margorejo, Kecamatan Margorejo, Tomo mengatakan, harga kambing dengan berat tertentu mengalami kenaikan harga. Berkisar antara Rp 250 ribu hingga Rp 350 ribu per ekornya. Harga kambing naik sekitar 10 hingga 15 persen dari harga normal.

“Kenaikan harga sapi mencapai 20 persen. Saat ini harga sapi kurban rata-rata mencapai Rp 20 juta. Biasanya harga sapi ketika tidak dalam suasana menjelang kurban berkisar antara Rp 12 hingga Rp 15 juta,” ujarnya, Minggu (12/8/2018).

Diperkirakan, harga akan terus mengalami kenaikan sampai pada pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, yakni pada 22 Agustus 2018 mendatang. Meski demikian, tidak menyusutkan daya beli masyarakat untuk tetap membeli hewan kurban tersebut.

Namun, dirinya mengaku, meskipun penjualan hewan kurban mengalami kenaikan, keuntungan yang didapatkan pedagang tidak seberapa banyak. Sebab, seiring dengan kenaikan tersebut, harga kulakan juga ikut naik.

Sehingga, apabila dihitung lebih rinci, keuntungan yang didapatkan sama seperti hari-hari biasa.

“Untuk dua pekan ini kenaikannya memang tidak seberapa. Tapi nanti kalau sudah mendekati hari kurban, harganya akan melonjak derastis. Namun, setelah Lebaran, harganya juga turun lagi. Ini kan sudah biasa. Siklus tahunan saat Idhul Adha,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kabupaten Pati, Mochtar Efendi mengungkapkan, terkait jelang hari raya kurban ini pihaknya bakal memantau ke pasar-pasar hewan, terutama untuk memantau harga.

“Jangan sampai kenaikan melambung tinggi. Selain itu kesehatan ternak juga menjadi prioritas kami. Supaya kurban yang bakal dikonsumsi masyarakat nantinya benar-benar sehat dan tidak penyakitan,” tutupnya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.