MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Idul Adha Kian Dekat, Permintaan Hewan Kurban di Kudus Masih Sepi

0 277

MuriaNewsCom, Kudus – Menjelang Hari Raya Kurban yang akan jatuh pada Rabu (22/8/2018) mendatang, permintaan hewan kurban masih terbilang sepi.

Hal itu seperti yang dirasakan salah satu peternak di Desa Gulang, Kecamatan Mejobo, Jamian (70).  Pria yang berternak sejak tahun 1971 itu mengaku hingga dua pekan menjelang Idul Adha, masih banyak sapi dan kerbau kurban miliknya yang belum terjual.

Ia menyebutkan, ada sekitar 150 hewan kurban. Namun hingga sekarang baru terjual 100 hewan. Sisianya masih belum laku. Hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Jika dibandingkan tahun lalu, sekitar satu bulan jelang hari kurban, hewan sudah banyak yang habis terjual. Namun, sampai  kurang dari dua pekan ini banyak hewan yang belum laku,” terang Jamian.

Oleh karena itu, tahun ini dirinya terpaksa harus mengurangi stok jumlah hewan kurban. Untuk tahun lalu ada sebanyak 200 hewan. Namun untuk tahun ini menjadi 150 hewan kurban. “Hewan-hewan itu didapatkannya dari Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur,” jelasnya.

Untuk harga jual kerbau milikinya, bervariasi antara Rp 8 juta hingga 32 juta. Sedangkan untuk harga hewan kurban sapi harganya mulai dari Rp 18 juta hingga Rp 20 juta,” beber dia.

Sementara itu, pada musim kemaru seperti ini, ia mengaku juga terkendala dengan pakan hewan. Sebab pakan hewan kurban saat musim kemarau kualitiasnya menurun.

Disebutkan, biasanya ia memberikan pakan ternak berupa rumput dan jerami. Namun karena cuacanya terlalu panas, maka pakan hewan ternak menjadi kering. “Pakan untuk hewan ternak terlalu kering. Itu kurang bagus bagi pakan hewan ternak,”pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.