MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Guru di Kudus Pilih Cairkan TPP Ketimbang TPG, Ternyata Ini Sebabnya

0 1.699

MuriaNewsCom, Kudus – Para guru di Kabupaten Kudus ternyata lebih memilik mencairkan dana tunjangan penghasilan pegawai (TPP) daerah ketimbang dana tambahan penghasilan guru (TPG) dari pemerintah pusat.

Catatan BPPKAD Kudus, dinas ini tidak mencairkan TPG selama tahun 2017 hingga bulan Agustus 2018 ini.

Kepala BPPKAD Kudus Eko Djumartono mengatakan, di dalam Peraturan Bupati (Perbup) Kudus memang ada pilihan yang diberikan kepada guru untuk pencairan dana tunjangan. Para guru diberikan opsi untuk memilih salah satu tunjangan, baik TPG atau TPP.

Ternyata, banyak yang mengambil uang TPP daerah. Sebab nilainya lebih besar jika dibanding dengan TPG dari pemerintah pusat.

“Untuk besaraanya TPP itu per orang dalam satu bulan mendapatkan Rp 1,5 juta. Sedangkan untuk TPG hanya Rp 250 ribu perbulan setiap orangnya,” katanya.

Oleh karena itu para guru memilih TPP daerah. Bahkan uang TPG dari pemerintah pusat mengendap sampai Rp 2,29 miliar. Dengan demikian pemerintah pusat sudah menghentikan penyaluran uang TPG ke Kabupaten Kudus. “Sudah dihentikan dan tidak ditransfer lagi dari pemerintah pusat,” jelas dia.

Sementara itu, terkait uang tunjangan profesi guru triwulan pertama dan kedua sudah dicarikan ke rekening masing-masing guru. Untuk triwulan pertama sebesar Rp 39,9 miliar. Sedangkan untuk triwulan kedua yang sudah dicairkan sebanyak Rp 39,5 miliar.

“Perbedaan pencairan yang terjadi pada triwulan pertama dan kedua tersebut, karena data yang disetorkan oleh Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) setempat juga berubah. Dinas melakukan verifikasi ulang, dan ditemukan sejumlah guru pensiun, pindah dan ada masalah lainnya,” ungkapnya.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.