MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pencemaran Sungai Pendo Akibat Ipal PG Rendeng Bermasalah

0 450

MuriaNewsCom,  Kudus – PG Rendeng Kudus mengakui intalasi pengolahan air limbah (Ipal)  miliknya sedang mengalami masalah. Ini disebabkan adanya kerusakan pada stop roll di gilingan dua.

“Kerusakan terjadi pada tanggal 5 Agustus 2018. Itu ada kerusakan stop roll gilingan dua. Akibatnya otomatis berhenti,” terang Rafli Ramdan, staf Dinas PKPLH Kudus.

Ia mengatakan,  akibat terjadi kerusakan pada gilingan dua, operasional penggilingan pabrik tebu berhenti semua. Penggilingan terkahir dilakukan pada Selasa (7/8/2018) kemarin.

“Kerusakan dari tanggal 5/8/2018 sampai tanggal 7/8/2018 dinihari lalu, Ipalnya tidak ada power, sehingga tidak bisa jalan. Dampaknya hasil limbah yang ke luar dari ipal tidak sesuai dengan proses baku mutu,”jelasnya.

Meski demikian, kata Rafli ia menegaskan sebelum terjadi kerusakan tersebut air limbah yang ke luar dari Ipal PG Rendeng sesuai dengan bahan baku mutu. “Namun dampak dari ipalnya trouble kemarin limbah yang ke luar tidak disaring sesuai baku mutu,” ungkapnya.

Baca : Dinas PKPLH Kudus Pastikan Pencemaran Sungai Pendo dari PG Rendeng, Ini Buktinya

Kini,  disebutkan ia,  pihak PG Rendeng telah melakulan upaya perbaikan kerusakan stop roll gilingan dua. Diperkirakan sekitar satu pekan ke depan perbaikan akan selesai 100 persen.

Untuk mengurangi pencemaran limbah ke sungai,  dijelasnya PG Rendeng memberikan susu kapur pada sistem ipal.  Sehingga diharapkan dapat mengurangi pencemaran limbah.

Sebelumnya Warga Desa Mejobo RT 4 RW 2 Kecamatan Mejobo mengeeluhkan bau busuk di aliran Sungai Pendo. Terutama mereka yang tinggal dekat dengan aliran anak sungai. Diduga bau busuk tersebut akibat dari limbah PG Rendeng.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.